Melihat Perbedaan Idul Adha di India, Hewan Kurban Lebih Banyak Kambing

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 614 2256842 melihat-perbedaan-idul-adha-di-india-hewan-kurban-lebih-banyak-kambing-5vVUmI657j.jpg Kambing jadi pilihan hewan kurban Muslim India. (Foto: Youtube Syahputra Kembaren)

IDUL Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah oleh seluruh umat Islam di dunia. Namun ternyata perayaannya berbeda di setiap negara. Seperti di India, berbeda dengan di Indonesia.

Baca juga: Ditelpon Erdogan, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Rakyat Turki 

Mengutip dari unggahan akun Youtube Syahputra Kembaren, Selasa (4/8/2020), India merupakan negara yang memiliki jumlah masyarakat Muslim lebih sedikit dibanding di Indonesia. Sholat Idul Adha pun dilakukan di rumah masing-masing dan seluruh masjid ditutup untuk menghentikan persebaran virus corona (covid-19).

Salah satu yang membedakan perayaan Idul Adha di India dengan di Indonesia adalah hewan kurbannya. Di India lebih banyak menyembelih hewan kurban kambing, karena menurut kepercayaan masyarakat India, khususnya yang beragama Hindu, tidak diperbolehkan menyembelih atau mengonsumsi hewan sapi.

Sapi dianggap hewan paling suci di India, sehingga apabila kita membunuhnya akan bertentangan dengan kepercayaan masyarakat di sana.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Muslim Amerika Tidak Sulit Dapat Hewan Kurban 

Di Indonesia biasanya kaum Muslimin Sholat Idul Adha secara berjamaah. Setelah sholat, jamaah segera menyembelih hewan kurban bersama-sama di masjid.

Mayoritas hewan yang dikurbankan saat hari raya dikumpulkan di masjid dekat tempat tinggal dan disembelih di halaman masjid tersebut.

Sedangkan kalau di India, penyembelihan hewan kurban dilakukan secara individu. Mereka yang berkurban akan menjaga hewannya sampai hari raya tiba.

Kemudian tiba waktu penyembelihan, sohibul qurban akan membawanya ke tempat jasa pemotongan hewan kurban dan membagikan dagingnya secara masing-masing.

Baca juga: Cerita Arie Untung Jadi Khatib Idul Adha 

Ilustrasi kambing. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini