Haji 2020 Rampung, Arab Saudi Fokus Hadapi Musim Umrah

Rizka Diputra, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 614 2256963 haji-2020-rampung-arab-saudi-fokus-hadapi-musim-umrah-D3pCaZqMvL.JPG Jamaah haji 2020 di Makkah, Arab Saudi (Foto: Twitter/@HaramainInfo)

KEMENTERIAN Haji dan Umrah Arab Saudi akan mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji terbatas tahun ini dalam dua pekan ke depan. Pihak Saudi dan akan mencoba mengambil manfaat dari pelajaran dari pengalaman haji yang baru saja rampung digelar.

Wakil Menteri untuk Urusan Haji dan Umrah, Hussein Al-Sharif mengatakan bahwa kementerian akan segera memulai persiapan awal menjelang musim umrah mendatang.

Hussein mengatakan, kementerian akan mulai mengevaluasi pelajaran dari ziarah haji yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana ritual haji digelar dengan menerapkan prosedur kesehatan secara ketata di tengah pandemi Covid-19.

Para peziarah haji kata dia sebelumnya harus menghabiskan tujuh hari dikarantina di rumah dan mereka tidak boleh meninggalkan rumah mereka selama periode tersebut. Kementerian Kesehatan juga akan mengikuti dan memeriksanya sesuai dengan protokol kesehatannya.

Baca juga: Rasulullah Sangat Senang Konsumsi Daging, Ini Alasannya

Hussein menambahkan, para jamaah berkumpul di penginapan mereka di Makkah setelah selesai haji pada hari Minggu lalu dan mereka selanjutnya akan dibawa ke bandara bagi yang ingin melakukan perjalanan via udara.

"Sedangkan bagi mereka yang akan berangkat ke kota-kota mereka melalui jalan darat, kementerian menyediakan fasilitas transportasi untuk mengirim mereka pulang dan akan memantau kondisi kesehatan dan keselamatan mereka sambil memastikan kepatuhan mereka dengan aturan karantina," ujarnya, dikutip dari laman Saudigazette, Selasa (4/8/2020).

Dirinya tak lupa memuji layanan, pengaturan, dan pengorganisasian pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang memungkinkan para jamaah melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman, mulai dari berihram, thawaf, wukuf, melempar jumrah hingga ditutup dengan prosesi tahalul atau memotong rambut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini