Santri Ustadz Yusuf Mansur Selamat dari Ledakan Dahsyat di Lebanon

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 614 2257474 santri-ustadz-yusuf-mansur-selamat-dari-ledakan-dahsyat-di-lebanon-RDt446VX5p.jpg Ustadz Yusuf Mansur (Okezone)

FITRAH Alif, mahasiswa asal Indonesia di Lebanon selamat dalam ledakan dahsyat di Kota Beirut, Selasa 4 Agustus 2020. Fitrah merupakan alumnus Pondok Pesantren Daarul Quran (Daqu) yang diasuh Ustadz Yusuf Mansur.

Ustadz Yusuf Mansur sangat bersyukur muridnya yang kini sedang menempuh pendidikan di Lebanon tersebut selamat dalam tragedi yang menewaskan lebih 70 orang dan melukai 4.000 orang lainnya.

“Ini Fitrah Alif, santri Daqu. Merinding, terharu. Alumni. Sangat loyal ke Daqu. Dan saya nangis. Kami nangis. Beliau selamat. Mengingat ledakannya dahsyat banget,” kata Ustadz Yusuf Mansur seperti dikutip akun instagramnya @yusufmansurnew, Rabu (5/8/2020).

Baca juga:  Ledakan di Beirut, Ini Fakta Unik Lebanon yang Pernah Berjaya dalam Sejarah Islam

Ustadz Yusuf Mansur asih mengingat saat pertama kali Fitrah Alif diantar kedua orangtuanya ke Daarul Quran.

“Kami masih inget Fitra Alif saat baru diantar ke ayah ibunya. Sekarang dah jadi mahasiswa di Lebanon. Dan ga lupa sama Qurannya. Plus malah jadi penyambung silaturahim kami dengan Syeikh-syeikh Ahlul Quran di sana,” terangnya.

Pascaledakan di Beirut, Fitrah Alif ikut berkomunikasi dengan pihak Daarul Quran, mengabarkan dirinya dan warga negara Indonesia (WNI), khususnya pelajar di Lebanon selamat.

“Barusan dapet kabar apdet, dari Ananda Fitrah Alif. Beliau ngabarin, 65 mahasiswa Indonesia di sana selamat semua. Alhamdulillah. Juga semoga semua WNI dan tentara-tentara kita di sana, selamat. Aamiiin,” ucapnya.

 

Fitrah Alif pun juga mengabarkan kondisinya di Lebanon di akun Twitternya. Di mana ledakan dahsyat di Kota Beirut pada Selasa, 4 Agustus 2020 menghempaskan dan meluluh lantakan semua bangunan, serta material di sekitarnya termasuk Masjid Muhammad Al Amin.

"Masjid Muhammad al-Amin yang merupakan masjid negara (Masjid Istiqlalnya Libanon) terkena dampak yang cukup dahsyat," kata mahasiswa asal Indonesia Fitrah Alif, seperti dikuti di akun twitternya @alif_robinson, Rabu (5/8/2020).

"65 Mahasiswa terpantau aman lagi pada rebahan di kasur asrama masing-masing. Udah mah krisis politiki, Covid-19, inflasi, ditambah lagi ledakan. Malang nasibmu, Libanon," tulisnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini