Kisah Nabi Hindari Makanan Haram walau Sebutir Kurma

Riyadi Akmal, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 330 2257722 kisah-nabi-hindari-makanan-haram-walau-sebutir-kurma-yZKD3bAZhi.jpg Kurma. (Foto: Freepik)

SEBAGAI umat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernahkah memikirkan apa saja makanan yang masuk ke perut. Pernahkah tidak dapat memejamkan mata karena takut kalau ada hak orang lain yang dimakan. Pernahkah berpikir, apakah makanan yang dimakan berasal dari sumber halal.

"Seringkali manusia tergoda dengan makanan yang tidak tahu apakah itu halal atau haram," jelas Ustadz Dr Khalid Basalamah, dikutip dari akun Youtube-nya, Kamis (6/8/2020).

Baca juga: Kisah Ibnu Abbas Jadi Ahli Tafsir Berkat Doa Rasulullah 

Disebutkan dalam sebuah riwayat dari Amir bin Syueb dari ayahnya dari kakeknya bahwasannya Nabi Muhammad Shallahu alaihi wa sallam pernah gelisah, malam tidak bisa tidur, kemudian istrinya bertanya, "Ada apa denganmu Ya Rasulullah gelisah? Tidak seperti biasanya. Biasanya Engkau tidur, tapi sekarang tidak bisa tidur dan gelisah?"

Kemudian Rasulullah mengatakan, "Aku tadi sebelum tidur naik ke ranjang ini sempat mendapatkan 1 butir kurma di sampingku, lalu aku memakannya, sedangkan di sisi rumah kita ini terdapat kurma sedekah. Maka aku khawatir bila sebutir kurma tadi berasal dari sedekah." (HR Ahmad dengan sanad sahih)

"Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam termasuk orang yang tidak boleh memakannya, beliau menerima hadiah tapi tidak boleh makan sedekah," jelas Ustadz Khalid Basalamah.

Ia menceritakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sempat ragu bahwasanya itu adalah kurma sedekah, Allah Subhanahu wa ta'ala tidak mengizinkan Rasulullah memakannya.

Beliau berpikir bahwa kurma itu adalah milik istrinya atau makanan di rumahnya, ternyata di rumahnya ada juga sedekah titipan orang. Beliau khawatir bahwa kurma itu diambil dari kurma sedekah, padahal ada di dekat ranjangnya. Kemudian hal itu membuat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam gelisah dan tidak bisa tidur.

Baca juga: Menolak Ketentuan Allah, Raja Namrud Dihinakan Mati oleh Seekor Lalat 

Dijelaskan dalam riwayat lain yang mirip dengan kisah tersebut, "Aku pulang kepada keluargaku, lalu aku mendapati sebutir kurma tergeletak di atas tempat tidurku, lalu aku mengangkatnya untuk memakannya, kemudian aku khawatir itu adalah sedekah maka aku menaruhnya kembali." (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis ini merincikan hadis pertama yang artinya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tidak sempat memakannya dalam riwayat kedua ini. Begitu Nabi mengangkatnya akan memasukkan ke mulutnya, teringat ternyata di rumahnya ada kurma sedekah titipan orang, maka Nabi tidak jadi memakannya lalu membuangnya.

Ini merupakan contoh dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam berhati-hati memilih makanan dari sumber yang haram.

"Kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dengan sebutir kurma ini haruslah menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita umatnya, walaupun hanya sebutir kurma yang tergeletak di dalam rumah beliau. Beliau tidak ingin ada hak orang lain sekecil apa pun yang termakan olehnya," pungkas Ustadz Khalid Basalamah.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Meneladani Kesabaran Abu Qilabah, Sahabat Nabi Terakhir yang Wafat di Padang Tandus 

Kurma. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini