Ternyata Guys, Rasulullah dan Sahabat Pakai Henna untuk Warnai Rambut

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 614 2258128 ternyata-guys-rasulullah-dan-sahabat-pakai-henna-untuk-warnai-rambut-9vjMlGKKif.jpg Ilustrasi pakai henna di rambut (Henna)

SALAH satu alat kecantikan yang sering digunakan adalah henna. Bukan hanya untuk memperindah kuku dan tangan, henna juga bisa digunakan sebagai cat rambut alami. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam serta para sahabat juga pernah menggunakannya.

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Rasulullah dan para sahabat pun juga kerap menggunakan henna sebagai pewarna rambut, yakni untuk menutupi uban yang tumbuh seiring bertambahnya usia, atau karena genetik.

Dari Abu Umamah disebutkan Nabi menemui tetua/kepala suku kaum Anshar yang berjanggut putih. Beliau lalu berkata, “Wahai kaum Anshar, merahkanlah dan kuningkan serta tinggalkanlah Ahlul Kitab.” (HR. Ahmad).

 Baca juga: Henna Bukan Hanya untuk Kecantikan, Rasulullah Menjadikannya Obat

Kemudian, Jabir berkata: “Saya datang dengan Abu Qahafah pada hari pembebasan dan kepalanya seperti tsaghamah. Rasulullah lalu bersabda, ‘Ubahlah ini dengan sesuatu, dan hindarilah warna hitam’.” (HR. Muslim).

Tsaghamah adalah tumbuhan yang bunga, dan buahnya berwarna putih. Biasa disebut bayadhu asy-syaib (putih abu-abu) dan inilah yang menjadi salah satu bahan untuk dijadikan henna.

Selanjutnya dalam riwayat hadist lain juga menjelaskan hal serupa. Dari Anas menyebutkan pula; “Abu Bakar mewanai rambutnya dengan henna (inai) dan katam, Umar mewarnai rambut dengan henna murni.” (HR. Muslim).

Katam merupakan tanaman dari Yaman yang memproduksi warna hitam kemerahan.

Abu Dzar meriwayatkan sabda Rasulullah, “Sesungguhnya yang paling baik untuk mengubah uban adalah henna dan katam.” (HR. Ashabus Sunan).

 

Di antara manfaat-manfaat henna adalah jika diletakkan di kepala untuk waktu yang lama, maka zat astringent dan antiseptik di dalamnya bekerja membersihkan kulit kepala dari mikroba dan parasit.

Henna juga berkhasiat dalam mengobati peradangan kulit kepala. Dikisahkan Salma Ummu Rafi’, tidaklah pernah Nabi tertusuk duri dan ditumbuhi kutil, kecuali beliau meletakkan daun henna di atasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya