Melihat Bir Tuwa, Sumur Pemandian Nabi Setelah Ibadah Haji

Yudistira, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 615 2259614 melihat-bir-tuwa-sumur-pemandian-nabi-setelah-ibadah-haji-ynhW34jChH.png Bir Tuwa atau Sumur Tuwa di Makkah menjadi tempat pemandian Nabi usai berhaji. (Foto: Istimewa/The Islamic Information)

BIR Tuwa atau yang dikenal sebagai Sumur Tuwa merupakan salah satu tempat yang terkenal di wilayah Jarwal, Kota Makkah, Arab Saudi. Masyarakat setempat dan para jamaah haji kerap mengunjungi tempat ini untuk mencuci buah-buahan, sayur-mayur, dan peralatan lainnya.

Sebagaimana dilansir The Islamic Information, Senin (10/08/2020), ada sebuah tempat di Jarwal yang dinamakan Bir Tuwa atau Sumur Tuwa. Biasanya setelah menunaikan ibadah haji, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam selalu berhenti dan mandi tempat tersebut.

Baca juga: Ziarah Makam Sunan Giri Dibuka, Langsung Diserbu Pengunjung 

Saat ini sumur tersebut sedang mengalami penataan dengan memasang pembatas di sekelilingnya untuk mencegah adanya kerusakan.

Bir Tuwa atau Sumur Tuwa tempat pemandian Nabi Muhammad di Makkah. (Foto: Istimewa/The Islamic Information)

Kembali ke tahun 630 Masehi di mana saat itu Makkah mengalami penyerbuan. Sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam juga banyak menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Lokasi Sumur Tuwa berada di jalan menuju arah Masjid Nabawi. Setiap tahun para jama'ah haji mengunjungi sumur ini sebagai tempat wajib yang harus dikunjungi di Makkah.

Baca juga: 4 Kuliner Halal Khas Lebanon yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Autentik 

Sebaiknya tidak mengambil air di tempat tersebut untuk keperluan mandi dan sebagainya. Sebab, pengunjung yang datang ke tempat ini semakin bertambah dari tahun ke tahun dan membuat sesak tempat yang kecil tersebut.

Akan tetapi jika berencana mengunjunginya, bisa saja hanya melihat sumur tersebut dan merasakan atmosfer keberadaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang dulu kerap juga mengunjungi tempat ini.

Banyak jamaah menggunakan peta dan rute agar memudahakan menemukan dan berziarah ke tempat tersebut.

Sejak Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam mandi di tempat tersebut, air yang berada di Sumur Tuwa tampak selalu penuh dan jernih.

Jika sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah, tempat ini menjadi salah satu rekomendasi penting yang harus dikunjungi.

Baca juga: Masjid Al Madhoun, Saksi Sejarah Masuk Islam Budak Penolong Nabi Muhammad 

Bir Tuwa atau Sumur Tuwa tempat pemandian Nabi Muhammad di Makkah. (Foto: Istimewa/The Islamic Information)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini