4 Kuliner Halal Khas Lebanon yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Autentik

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 615 2257984 4-kuliner-halal-khas-lebanon-yang-wajib-kamu-coba-lezat-dan-autentik-WLnbKP31yf.jpg Ilustrasi kuliner. (Foto: Shutterstock)

LEBANON dikenal sebagai Paris-nya Timur Tengah. Negara ini memiliki berbagai macam bagunan tua yang kaya akan sejarah Islam. Lalu ada juga banyak kuliner khas yang lezat dan tentunya halal.

Masakan publik Lebanon sendiri mengacu ke Timur Tengah. Bawang putih, minyak zaitun, dan jeruk lemon menjadi ciri khas serta penting untuk masakan dari negara dengan ibu kota Beirut ini.

Baca juga: Tiga Makanan Khas Brasil yang Halal DisantapĀ 

Berikut ini makanan khas Lebanon yang bisa dicicipi saat berkunjung ke sana. Dijamin lezat, autentik, dan halal tentunya.

1. Kefta

Kefta merupakan kue khas Lebanon. Di dalamnya diisi dengan daging cincang dan rempah-rempah. Kudapan satu ini dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar di atas arang menggunakan tusuk sate.

Kefta disajikan dengan cara dipotong menjari, sehingga bentuknya seperti bintang.

Kefta makanan khas Lebanon. (Foto: Istimewa)

2. Kibbeh

Siapa bilang Lebanon tidak punya bakso seperti di Indonesia. Negara ini juga punya kibbeh yang semacam bakso atau bola-bola daging dan menjadi favorit di sana.

Kibbeh terbuat dari olahan daging cincang halus, kemudian dicampur gandum. Daging yang digunakan seperti sapi, domba, kambing, atau unta tanpa lemak.

Kibbeh juga menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat Lebanon, dan biasa dijajakan di pinggir jalan atau street food.

Kibbeh makanan khas Lebanon. (Foto: Istimewa)

Baca juga: 5 Makanan Lezat dan Halal di Bali, Wajib Dicoba saat TravelingĀ 

3. Shish kebab

Selanjutnya adalah shish kebab. Nama makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi kebab di Lebanon disajikan dengan cara ditusuk seperti sate, bukan dibungkus dengan tortila (kulit kebab).

Shish kebab terbuat dari daging kambing, sayuran, bawang, dan lainnya. Ditusuk menggunakan batang besi, lalu disajikan sebagai hidangan lezat.

Shish kebab makanan khas Lebanon. (Foto: Istimewa)

4. Hummus

Hummus merupakan makanan yang mudah ditemukan di Lebanon, dan jadi salah satu hidangan favorit masyarakat Timur Tengah. Biasanya kudapan satu ini dijadikan cocolan roti atau daging.

Makanan ini berupa bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih yang terbuat dari kacang Arab giling. Kemudian dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam, dan bawang putih.

Hummus makanan khas Lebanon. (Foto: Istimewa)

Baca juga: 3 Rekomendasi Kuliner Lezat dan Halal di Kawasan Pantai Indah KapukĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini