Tiga Makanan Khas Brazil yang Halal Disantap

Pristia Astari, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 615 2234178 tiga-makanan-khas-brazil-yang-halal-disantap-5E7wo8TKU9.jpg Moqueca (Foto Thedailymeal)

BRAZIL dijuluki juga sebagai negara sepak bola. Selain sudah lima kali juara dunia, ada sederet bintang lapangan hijau lahir dari sana. Sebut saja Pele, Ronaldo Nazario, Kaka, Ronaldinho hingga Neymar.

Namun, negara terbesar di Amerika Selatan ini juga termasuk salah satu destinasi wisata dunia dengan keindahan alam memukau, budaya yang unik dan tentu saja kulinernya lezat.

Sebagai negara mayoritas non-muslim, Brazil banyak makanan yang mengandung babi. Bagi Muslim, tentu ini diharamkan. Tapi, Brazil juga masih punya makanan khasnya yang tanpa mengandung babi atau halal dicicipi.

Baca juga: Ini 10 Hal yang Membuat Doa Tidak Terkabul

Berikut tiga makanan halal di Brazil yang bisa kamu santap saat berkunjung ke sana:

1. Pão de queijo

Pão de queijo adalah roti keju Brazil, camilan ini termasuk populer dikalangan sana dan Pão de queijo juga merupakan makanan sarapan yang berada di Brazil.

Pada akhir abad ke-19, bahan makanan yang tersedia lebih banyak susu dan keju untuk bagi komunitas Afro-Brasil. Setelah itu, mereka membuat roti keju itu dengan menambahkan susu dan keju ke dalam gulungan tapioka yang sekarang dikenal sebagai pão de queijo.

2. Moqueca

Moqueca adalah sup seafood khas Brazil. Makanan ini suda ada sejak kurang lebih 300 tahun yang lalu. Moqueca dapat dibuat dengan udang atau ikan, sebagai alas makananya moqueca menggunakan tomat, bawang, bawang putih, jeruk nipis dan ketumbar. Orang Bahia biasanya membuat Moqueca dengan minyak sayur, lada dan juga santan. Sementara itu, orang Espirito Santo membuat moqueca dengan sajian nasi, farofa (tepung ubi kayu goreng) dan pirao.

3. Quindim

Quindim adalah satu makanan yang ada di Brazil yang merupakan makanan asimilasi Afrika dan Eropa di Amerika Serikat. Nama dari makanan ini diambil dari kata kintiyi yang mempunyai arti sebagai makanan enak. Makanan ini dibuat dari telur , gula, kelapa dan mentega. Pada bagian bawahnya berwarna keemasan dan dilapisi parutan kelapa dan bagian atasnya sangat lembut seperti pudding. Quindim termasuk makanan penutup yang berada di Brazil.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini