Aa Gym: Tidak Mau Dengar Saran Orang Lain Termasuk Sifat Sombong

Ade Naura, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 330 2262622 aa-gym-tidak-mau-dengar-saran-orang-lain-termasuk-sifat-sombong-sXggnin9UW.jpg KH Abdullah Gymastiar atau Aa Gym. (Foto: Istimewa)

SOMBONG bukan sekadar memamerkan kekayaan atau kelebihan yang dimiliki. Namun, sifat sombong juga bisa datang dari hal lain yang mungkin tidak disadari.

Manusia adalah makhluk yang hidup bersosial di lingkungan sekitar dan jelas memiliki keluarga atau kerabat, teman, dan lainnya. Dengan itu mungkin ada kalanya berbicara atau berdiskusi dengan mereka.

Baca juga: 7 Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunah Rasulullah 

Di sela-sela pembicaraan pasti adanya masukan-masukan atau saran yang diberikan kepada satu sama lain. Lalu ada sebagian orang yang tidak bisa menerima saran atau masukan dari orang lain.

Inilah sikap yang bisa menjadikan seseorang menjadi sombong, karena tidak mau mendengar pendapat orang lain dan merasa selalu benar.

Ilustrasi sombong. (Foto: Unsplash)

Sebagaimana riwayat dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

"Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi." Ada seseorang yang bertanya, "Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain." (HR Muslim Nomor 91)

"Kesombongan adalah mendustakan kebenaran dan menganggap remeh orang lain seperti Hadis Riwayat Muslim nomor 91," papar KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, dikutip dari akun Youtube-nya, Sabtu (15/8/2020).

Baca juga: Aa Gym Beberkan Cara agar Tidak Ujub dengan Amal Perbuatan Kita 

Ia mengatakan, memiliki sifat sombong sekali lagi tidak hanya yang dianggap memiliki kekuasaan atau kekayaan, mereka yang miskin pun bisa. Salah satu cirinya adalah orang yang mendustakan kebenaran, jadi ketika orang lain memiliki pendapat lain, ia tidak akan bisa menerimanya.

"Orang-orang sombong itu berat sekali untuk mendengar tentang agama. Dia tidak menyukai agama, karena sudah merasa dirinya benar. Tidak suka mendengar nama Allah, tidak suka Rasulullah, tidak suka tentang Alquran,tidak suka orang salih dan ulama, karena ia sudah merasa dirinya benar," ujar Aa Gym.

Jika sudah tidak menyukai agama, tegas dia, ini menjadi kesombongan akidah. Namun ada juga yang percaya kepada Allah, sholat, dan lain-lain tetapi sombong. Sama cirinya adalah tidak mau diberikan masukan atau saran, alergi terhadap kritik. Jadi, tidak suka jika ada pendapat lain, bisa-bisa tersinggung dan marah, atau bahkan membalas orang tersebut. Ini adalah ciri-ciri sifat dari sombong.

Baca juga: Ucapan Bisa Jadi Ladang Amal Salih, Ini Caranya Menurut Aa Gym 

"Kita selalu meminta kepada Allah petunjuk minimal 17 kali, dan Allah Yang Maha Mendengar mengabulkannya. Dengan menggerakan hamba-hambaNya untuk memberikan koreksi, masukan, saran, input. Itu adalah terkabulnya doa, tapi kita malah marah. Aneh, kita yang minta ketika diberi kita malah marah," tegas Aa Gym.

Setiap manusia harus bisa mulai melihat-lihat dan mengoreksi diri sendiri dengan coba mendengarkan pendapat orang lain. Dengan itu, seseorang jadi bisa menghargai pihak lain. Siapa tahu mungkin orang-orang di bawah yang memberikan masukan adalah orang yang justru mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Bagaimana Bersikap Romantis Menurut Pandangan Islam? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini