Kapan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah?

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 614 2262971 kapan-tahun-baru-islam-1442-hijriah-uStbUuVTp7.jpg ilustrasi (stutterstock)

TAHUN Baru Hijriah adalah hari yang menandai dimulainya tahun kalender Islam baru. Hari pertama tahun ini adalah hari pertama Muharram.

Kalender Hijriah dimulai pada tahun 622 Masehi dengan imigrasi Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yang dikenal sebagai hijrah.

Faktanya, umat Islam menggunakan kalender lunar Hijriah ini untuk menghitung waktu sholat, puasa, haji dan perayaan keagamaan lainnya.

Sementara beberapa negara menentukan bulan baru berdasarkan penampakan bulan, sebagian besar negara Islam mengikuti perhitungan astronomi.

Melansir artikel di About Islam, Minggu (16/8/2020), hari Hijriah dimulai saat matahari terbenam. Dengan demikian, mengamati bulan sabit pada bulan Hijriah baru terjadi pada saat matahari terbenam.

Baca juga: Awan Tsunami di Aceh Mirip Penjelasan dalam Alquran Surah An Nur

Jika bulan sabit terbenam sebelum matahari terbenam, maka artinya tidak ada bulan baru. Jika terbenam setelah matahari terbenam, artinya awal bulan baru.

Faktanya, tahun lunar Hijriah sebelas hingga dua belas hari lebih pendek dari tahun matahari Gregorian. Dengan demikian, Tahun Baru Hijriah, 1 Muharram, tidak datang pada hari yang sama dalam kalender Masehi setiap tahunnya.

Muharram adalah salah satu dari empat bulan suci tahun Hijriah. Dan umat Islam menganggapnya sebagai bulan tersuci kedua setelah Ramadhan.

Bulan Baru Astronomi (konjungsi) jatuh pada Rabu 19 Agustus 2020 Rabu pukul 2:41 UT. Pada tanggal 19 Agustus, bulan sabit hanya dapat terlihat di Amerika Tengah dan Selatan dengan susah payah dan di Kepulauan Polinesia dengan mudah.

Pada tanggal 20 Agustus bisa dilihat hampir di seluruh dunia.

Artinya Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1442 Hijriah akan berlangsung pada hari Kamis tanggal 21 Agustus 2020 Insya Allah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya