Ini Nikmat Kekayaan Sesungguhnya yang Wajib Disyukuri

Ade Naura, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 614 2263460 ini-nikmat-kekayaan-sesungguhnya-yang-wajib-disyukuri-rxNyWtwki5.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK dari kita kerap lupa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas semua nikmat yang telah diberikan selama hidup di dunia. Baik dari hal terkecil yang bahkan kita sendiri tidak menyadarinya.

Salah satu nikmat yang wajib disyukuri ialah nikmat sehat, termasuk memiliki anggota tubuh lengkap yang masih berfungsi dengan baik.

Tanpa anggota tubuh, mungkin kita belum tentu bisa melakukan apapun seperti bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Maka dari itu hendaklah kita mengingat, kekayaan yang sebenarnya diberikan oleh Allah ialah tubuh manusia itu sendiri, bukan barang-barang mahal atau kekayaan materi lainnya.

“Apa yang menyebabkan orang serakah? Karena dia merasa bahwa kekayaan itu hanya duit, hanya kebun sawit, timah, kapal. Padahal kekayaan yang paling mahal dan tidak bisa diuangkan kata Allah; fii ahsani taqwiim,” ucap dai kondang Ustadz Das’ad Latief, dilansir dari channel YouTubenya, Das'ad Latif, Senin (17/8/2020).

Baca juga: Wanita Paling Mudah Masuk Surga, Ini Penjelasan Ustadz Das'ad Latif

Misalnya dalam kehidupan sehari-hari, kita memiliki alat komunikasi seperti handphone mahal dengan harga jutaan, namun ketika kita tidak punya telinga atau tidak bisa mendengar atau melihat maka alat itu tidak lagi berguna.

"Maka yang paling berharga adalah tidak lain, telinga kita ini, dengan ini kita bisa mendengar apapun, tanpa handphone pun kita bisa mendengar hal lain, suara lain, tanpa harus membeli," kata dia.

Sama halnya dengan memasang kawat gigi. Menurut Ustadz Das'ad, yang paling berharga adalah gigi bukan kawatnya. “Yang mahal bukan behel, yang mahal itu gigi. Walaupun kamu pasang Rp17 juta tidak ada giginya? Jadi bukan behel yang mahal tapi gigi, Allah kasih gratis!,” ungkap Ustadz Das’ad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hebatnya lagi kata dia, gigi manusia juga diberi pembatas sehingga tidak tumbuh berdekatan atau dempet. Selanjutnya, anggota tubuh lainnya yang sangat berharga lanjut Ustadz Das'ad ialah mata. Allah menciptakan mata sedemikian rupa untuk melihat.

"Ketika kita punya kamera yang bagus dan mahal tetapi mata kita tidak disyukuri, buat apa? Tidak bisa mengoperasikan kamera jika kita tidak mempunyai mata. Untuk melakukan segala hal, tentu kita juga harus mempelajari dan mengetahui ilmunya. Perlu puluhan juta, perlu ilmu, perlu waktu. Alhamdulillah bukan ini yang mahal, tapi mata,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya