Yuk Amalkan, Ini Kesunahan Berpahala Besar di Bulan Muharram

Ade Naura, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 330 2264474 yuk-amalkan-ini-kesunahan-berpahala-besar-di-bulan-muharram-JJRQiAPZ5D.JPG Ustadz Khalid Basalamah (Foto: YouTube/@Khalid Basalamah Official)

MEMASUKI tahun baru Islam di bulan Muharram, terdapat amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk selalu mendapat pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dengan mengamalkannya, Insya Allah tingkat keimanan kita bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dai kenamaan, Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang amalan sunah yang dianjurkan untuk umat Islam di bulan Muharram.

Sebagaimana sabda Nabi yang menganjurkan kita untuk berpuasa di tanggal 9 dan 10 Muharram yaitu puasa tasua’ dan asyuro. Ada cerita di balik mengapa kita dianjurkan untuk berpuasa di dua hari tersebut.

Pada saat itu ada sahabat Nabi datang kepada beliau, tepatnya 10 Muharram setelah Sholat Dhuha. Ia mengatakan kepada Nabi bahwa hari ini orang-orang Yahudi berpuasa.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Muharram Jadi Bulan Istimewa

Lalu, Nabi mengatakan untuk mengumpulkan informasi mengapa bisa orang Yahudi pada saat itu berpuasa. Setelah kembali sahabat itu mengatakan:

“Orang-orang Yahudi berpuasa ya Rasulullah, karena merasa 10 Muharram ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dari kejaran Fir’aun. Mereka berpuasa sebagai tanda syukur kepada Allah,”.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam pun berkata: “Kami orang Islam lebih pantas menghormati Musa dari pada mereka,” Lalu pada saat itu juga Rasulullah memerintahkan untuk berpuasa. Manfaat dari berpuasa 9 dan 10 Muharram menurut hadits riwayat Bukhari, Nabi mengatakan bisa diampuninya dosa-dosa 365 hari ke belakang atau setahun yang lalu.

Adapun alasan mengapa kita juga harus berpuasa di hari tasua’, yakni untuk membedakan muslim dengan Yahudi. Sebagaimana beliau bersabda dalam hadits riwayat Tirmidzi: “ Kalau saya masih hidup tahun depan akan saya pasangkan 9 dengan 10 agar tidak sama dengan Yahudi,”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Maka dari itu kita harus bisa mencoba beramal saleh, karena kesempatan masih ada dan gunakan lah sebaik-baiknya. Maka maksimalkan lah waktu untuk beribadah. Ingat teman-teman dai hanya bisa berbicara dan tugas untuk eksekusi adalah anda. Jangan selalu menunda-nunda amal saleh sampai kita ajal kita datang, atau sampai stroke, sampai menjadi sesuatu yang tidak benar seperti masuk ke ruang ICU," ucap Ustadz Khalid, dinukil dari channel YouTubenya.

"Kita tidak tahu kapan ada peluang lagi untuk beramal saleh, berubah menjadi lebih baik dan saleh adalah prestasi. Dan tetap dalam keterpurukan adalah kesalahan fatal. Oleh karena itu maksimal dalam ibadah, dan harus dari diri kita yang berubah,” tambah pendakwah asal Makassar ini.

Menurutnya, seseorang tidak perlu mendengar kata-kata orang lain yang mengatakan dirinya sok alim atau sok baik, karena ada juga manusia yang seperti setan yang selalu menggoda dan menghina sesamanya. Yang terpenting bagi kita ialah fokus beramal saleh demi mendapat keridhaan Allah Ta'ala.

"Maka dari itu, kita harus selalu berdoa kepada Allah untuk perlindunganNya selalu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya