Keistimewaan Muharram, Bulannya Allah dan Pembuka Tahun Hijriah

Hantoro, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 614 2264264 keistimewaan-muharram-bulannya-allah-dan-pembuka-tahun-hijriah-dGwasVIXdY.jpg Ilustrasi bulan baru. (Foto: Freepik)

MUHARRAM menjadi salah satu bulan suci atau istimewa dalam kalender hijriah. Pada malam ini pun akan terjadi pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah atau bertepatan dengan Rabu 19 Agustus 2020. Pergantiannya diharapkan menjadi tonggak bagi setiap Muslim untuk menjadi lebih bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Terdapat berbagai keistimewaan di bulan Muharram. Jadi bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah pada bulan ini akan meraih banyak pahala atau kebaikan lainnya. Berikut ini keistimewaan di bulan Muharram tersebut, sebagaimana dinukil dari Muslim.or.id, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: 3 Amalan Penting di Bulan Muharam, Yuk Laksanakan 

1. Termasuk bulan suci

Muharram termasuk satu dari empat bulan haram atau suci, yakni Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Jika menjalankan ibadah-ibadah sunah akan menambah keberkahan.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam kitab suci Alquran Surah At-Taubah Ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram."

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Lalu dalam riwayat hadis dari sahabat Abu Bakroh, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Satu tahun ada 12 bulan. Empat bulan di antaranya adalah bulan haram (suci), tiga di antaranya berurutan yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Kemudian Rajab Mudhar yang diapit bulan Jumada (al akhir) dan Syakban." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Sejarah Muharram: Termasuk Bulan Suci hingga Larangan Berperang 

2. Syahrullah

Muharram disebut sangat mulia, jika mengerjakan amalan-amalan di bulan ini akan menghasilkan kebaikan yang melimpah. Keistimewaan berupa pahala tentunya juga bisa diraih.

Istimewanya Muharram sampai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebutnya sebagai Syahrullah (bulan Allah). Nabi bersabda:

فْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

"Seutama-utama puasa setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah yakni bulan Muharram, dan seutama-utama sholat sesudah sholat fardhu, ialah shalat malam." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Pembuka kalender hijriah

Muharram dipilih oleh sahabat-sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai pembuka kalender hijriah. Muharram terpilih menjadi bulan pertama tahun hijriah.

Baca juga: Yuk Puasa Tasua dan Asyura, Ini Niat dan Keutamaannya 

Pemilihannya terjadi setelah Khalifah Umar bin Khattab pada tahun ke-16 hijriah bermusyawarah dengan para pemuka dan tokoh-tokoh. Kemudian diputuskanlah Muharram sebagai bulan pembuka untuk kalender hijriah.

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Alasan memilih Muharram sebagai bulan pertama dalam penanggalan hijriah karena pada bulan inilah muncul tekad atau azam untuk berhijrah ke Madinah. Hal ini seperti diterangkan Ibnu Hajar –rahimahullah– dalam Kitab Fathul Bari (7/335).

Baca juga: Menikah pada Bulan Muharam Haram? 

Demikian keistimewaan bulan Muharram. Sejarah di baliknya semoga memberikan hikmah kepada semua umat Islam. Kemudian menjadi lebih bersemangat menjalankan segala amalannya yang sesuai perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Amin.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya