3 Hal Baik yang Bisa Dilakukan di Tahun Baru Islam 1 Muharram

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 616 2265074 3-hal-baik-yang-bisa-dilakukan-di-tahun-baru-islam-1-muharram-uOntreWPRM.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

DI momen tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah tersemat harapan dan doa dari kaum Muslimin. Ini menjadi awal dibukanya lembaran baru yang bisa menjadi momentum pas untuk memulai target serta pencapaian diri selanjutnya.

Semua harapan baik dilontarkan dalam bentuk doa dan ibadah. Doa menjadi bukti adanya rasa optimis dalam menyambut masa depan, serta berisi keberserahan diri yang tinggi kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Bubur Asyura, Hidangan Lezat Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 

Selain memanfaatkan bulan baik ini untuk mengumpulkan pundi-pundi amalan, nyatanya terdapat beberapa hal yang dapat ditingkatkan untuk mencapai kondisi kehidupan yang lebih baik di tahun baru Islam ini.

Dikutip dari Jatman, Kamis (20/8/2020), berikut ini tiga hal baik yang bisa dilakukan di tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah.

1. Banyak bertemu orang baru

Kita perlu melakukan banyak perkenalan hingga pertemuan dengan banyak orang baru yang mampu meningkatkan potensi baik pada diri kita. Semakin banyak bertemu dengan orang baik, maka pengaruh kebaikan dalam diri akan semakin besar, yang turut berpengaruh pada kehidupan yang lebih positif. Karena itu, janganlah hanya berdiam diri, namun mulai membuat pergerakan dengan memperluas relasi sosial.

Baca juga: Hidupkan Hati di Bulan Muharram dengan Berbagi kepada Sesama 

2. Lebih banyak hadir dan terhubung

Di era digital ini, kehadiran tak hanya dinilai secara fisik. Terlebih di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, kehadiran kita di dunia maya juga dibutuhkan. Akan ada baiknya memanfaatkan kondisi ini untuk memperluas jaringan hingga terhubung dengan lebih banyak orang. Tak sekadar aktif, namun juga produktif dan selektif dalam mengunggah sesuatu yang berupa karya ataupun informasi. Bisa jadi dengan cara ini dapat mendatangkan rezeki. Namun pastikan juga untuk tetap terhubung dengan Allah Subhanahu wa ta'ala dan istikamah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Lebih banyak memberikan pelayanan

Potensi tiap diri memang tidaklah sama. Namun, berbagai kelebihan dan potensi yang dimiliki akan lebih baik jika digunakan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada sesama.

Khidmah (pelayanan) sudah sangat dikenal dan dilatihkan dalam dunia tarekat. Melayani sesama dengan ketulusan dan optimal demi kebaikan bersama akan membuka peluang bagi pintu kebaikan dan rezeki. Pelajari juga skill baru untuk bisa memberikan kontribusi positif bagi sesama.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tahun Baru Islam, Tingkatkan Spiritualitas dengan Perbanyak Baca Alquran 

Tadarus Alquran. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya