Contohkan Kerukunan, Jamaah Masjid Inggris Bersihkan Halaman Rumah Ibadah Tetangga

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 614 2265635 contohkan-kerukunan-jamaah-masjid-inggris-bantu-bersihkan-halaman-rumah-ibadah-tetangga-rTyp3Naun4.jpg Jamaah Masjid Abu Huraira di Leeds, Inggris, membantu membersihkan halaman gereja tetangga yang kotor. (Foto: About Islam)

ISLAM sangat menekankan umatnya hidup rukun dan berbuat baik kepada tetangga. Kemudian wajib berlaku hormat serta sopan kepada siapa saja di lingkungannya, termasuk juga memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi mereka yang membutuhkan.

Di Leeds, West Yorkshire, Inggris, jamaah masjid setempat memberikan bantuan kepada gereja tetangga mereka untuk membersihkan lahan yang ditinggalkan. Tim dari Masjid Abu Huraira di pinggiran wilayah Beeston, Leeds, membersihkan area di sekitar Gereja Tempest Road.

Baca juga: Keajaiban 10 Muharram, Nabi Adam Tobat hingga Yunus Keluar dari Perut Ikan 

Pembersihan dilakukan karena halaman gedung gereja yang berencana dijual itu ditumbuhi pohon dan banyak sampah berserakan. Taman kecil tersebut menjadi tempat tugu peringatan perang.

Dalam mengorganisasi pembersihan lahan tersebut, Noor Zaman mengatakan bahwa membantu tetangga adalah cara utama dalam Islam.

"Kami adalah tetangga gereja dan seperti yang dikatakan dalam Alkitab dan Alquran: tetangga harus menjaga satu sama lain," kata Noor Zaman, dikutip dari About Islam, Sabtu (21/8/2020).

Jamaah Masjid Abu Huraira di Kota Leeds, Inggris, membantu membersihkan halaman gereja tetangga. (Foto: About Islam)

Islam mendorong umatnya untuk memperlakukan tetangga dengan cara lembut yang mencerminkan semangat Islam yang benar dan asli. Dicontohkan dalam aspek toleransi, terutama dengan orang-orang dari agama lain.

Tidak ada bedanya apakah tetangganya Muslim atau non-Muslim. Allah Subhanahu wa ta'ala telah menekankan, lebih tepatnya memerintahkan, kebaikan kepada tetangga dalam Alquran.

Baca juga: Ustadz Insan Mokoginta Pembimbing Roger Danuarta Jadi Mualaf Meninggal Dunia 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Wa'budullaha wa la tusyriku bihi syai'aw wa bil-walidaini ihsanaw wa bizil-qurba wal-yatama wal-masakini wal-jari zil-qurba wal-jaril-junubi was-sahibi bil-jambi wabnis-sabili wa ma malakat aimanukum, innallaha la yuhibbu mang kana mukhtalan fakhura

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri." (QS An-Nisa: 36)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dari Abdullah ibnu Amru ibnul Ash dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:

خَيْرُ اْلأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ، وَخَيْر الْجِيْرَانِ عِنْدَ اللهِ [تَعَالَى] خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ

"Teman terbaik di sisi Allah adalah mereka yang terbaik dalam berinteraksi dengan temannya. Dan tetangga terbaik di sisi Allah adalah mereka yang terbaik dalam berinteraksi dengan tetangganya." (Shahih, lihat Ash Shahihah (103): At Tirmidzi nomor 25 Kitab Al Birr wash Shilah, 28-Bab Maa Jaa-a fi Haqqil Jaar)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Wafat ketika Sholat, Ustadz Insan Mokoginta Sosok Konsisten Berdakwah di Pelosok 

Jamaah Masjid Abu Huraira di Kota Leeds, Inggris, membantu membersihkan halaman gereja tetangga. (Foto: About Islam)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya