Masjid As-Salafiyah, Saksi Bisu Perlawanan Pangeran Jayakarta Mengusir Penjajah

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 615 2266035 masjid-as-salafiyah-saksi-bisu-perlawanan-pangeran-jayakarta-mengusir-penjajah-04pGHtmBmd.JPG Masjid As-Salafiyah peninggalan Pangeran Jayakarta (Foto: Kontraktor Kubah Masjid)

MASJID merupakan tempat yang dibangun untuk pelaksanaan ibadah umat muslim. Pada masa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, selain untuk peribadatan, masjid digunakan sebagai tempat musyawarah dan lainnya.

Saat ini, banyak masjid yang sudah dibangun ratusan tahun lamanya termasuk Masjid Jami As-Salafiyah, Jakarta.

Tempat ibadah kaum muslimin ini berada di kawasan Jatinegara Kaum, Klender, Jakarta Timur. Melansir dari channel YouTube iNews, masjid ini telah berumur 400 tahun alias empat abad.

Baca juga: Alhamdulillah, Anak-Anak Muslim Suriah Kini Bisa Belajar di Sekolah Mobile

Di masa penjajahan, masjid ini dikenal sebagai Masjid Jami’ As-Salafiyah karena menjadi tempat Pangeran Jayakarta untuk menggalang kekuatan melawan tentara VOC Belanda.

Para ulama dan tokoh agama sering berkumpul untuk menyusun strategi dan berdakwah Islam di sana. Di tempat ini terdapat makam Pangeran Jayakarta dan keturunannya yang berada di kawasan masjid.

Masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi dan kini penampilannya indah dengan marmer yang menutupi tembok. Jika Anda ingin berkunjung, pahamilah sejarahnya pula agar kita semakin mencintai masjid ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini