7 Petarung Muslim dengan Prestasi Mendunia

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 614 2266406 7-petarung-muslim-dengan-prestasi-mendunia-QdlJKt9gpp.JPG Khabib Nurmagomedov, salah satu petarung muslim dengan prestasi mendunia (Foto: Instagram/@khabib_nurmagomedov)

ATLET olahraga tarung yang sering tampil di atas ring kerap membuat kagum para penggemar olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik ini. Tapi tahukah kalian, sebagian pemainnya adalah seorang muslim. Mereka bukan hanya jago dalam pertandingan, namun juga taat terhadap agamanya. Nah, berikut ini tujuh atlet berkelas dunia yang beragama Islam seperti dikutip dari laman About Islam:

1. Muhammad Ali

Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Ali. Petinju legendaris satu ini memiliki segudang prestasi dalam pertarungannya selama ini, selain itu ia juga seorang muslim.

Muhammad Ali

Dari awal kariernya, Ali dikenal sebagai sosok inspiratif, kontroversial dan berpengaruh baik di dalam maupun di luar ring. Muhammad Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016 di usianya yang ke-74 tahun.

2. Mike Tyson

Miken Tyson merupakan petinju profesional dan mantan juara kelas berat. Ia adalah juara tinju kelas berat termuda di dunia. Postur tubuhnya sangat kekar, bahkan ia dijuluki "si leher beton". Namun sayangnya, ia pernah tersandung kasus kriminal, yang megharuskannya mendekam di penjara.

Mike Tyson

Kemudian ketika ia bebas dari penjara, yaitu pada 1995 di Indiana, Mike Tyson mengumumkan telah memeluk agama Islam yang telah dipelajarinya selama dari balik jeruji besi. Nama muslim Tyson adalah Malik Abdul Aziz. 

3. Bernard Hopkins

Atlet tarung yang juga berkecimpung dalam olahraga tinju profesional ialah Bernard Hopkins. Petinju legendaris satu ini, memulai kariernya pada 1988 hingga 2016 ia memilih pensiun. Ia pun memiliki julukan khusus, yaitu disebut 'Alien'.

Bernard Hopkins

Petinju muslim satu ini pensiun ketika dia berusia 51 tahun, setelah memenangkan dua belas kejuaraan dunia utama dalam dua kelas berat dan menjadi juara kelas menengah yang tak terbantahkan dari 2004 hingga 2005.

4. Hari Badar

Hari Badar memiliki julukan sebagai "anak emas" berdarah Maroko-Belanda. Hari memiliki karier yang cukup hebat dalam pertarungannya di atas ring, dan untuk waktu yang lama menjadi yang terbaik di dunia dalam K-1 Heavyweight.

Hari Badar

Pada Desember 2016, Hari Badar kembali mengenakan sarung tangan untuk melawan juara saat ini dari 'Glory' Rico Verhoeven.

5. Naseem Hamed

Atlet muslim selanjutnya adalah Naseem Hamed. Di dalam pertarungannya ia memiliki gaya paling luar biasa. Ia pun tidak pernah menyembunyikan identitas sebagai muslim, bahkan ia sangat bangga dengan agamanya itu.

Naseem Hame

Pada 2002 Hamed memutuskan untuk menghentikan karier tinju karena cedera tangan kronis. Meski demikian ia tetap ramah dan terbuka untuk semua orang, khususnya dalam dunia tinju.

6. Amir Khan

Amir Khan adalah petinju yang dihormati di generasinya. Pada usianya yang ke-17, Khan adalah peraih medali tinju Olimpiade Inggris termuda dalam sejarah.

Amir Khan

Ia memang memiliki hasrat untuk kriket dan sepak bola juga. Puncak karier tinju datang ketika dia baru memulai, dan langsung memenangkan medali perak di Olimpiade 2004.

7. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Nurmagomedov, lahir di Dagestan di Rusia, adalah petarung Mixed Marital Arts (MMA) yang belum terkalahkan. Dia telah bertarung dalam 24 pertandingan dan tidak pernah kalah satu pun. Dia adalah bagian dari kompetisi UFC, yang di dalamnya ada petarung hebat lainnya, seperti Connor McGregor dan José Aldo.

Atlet asal Rusia berusia 32 tahun itu menduduki peringkat satu penantang di divisi UFC Lightweight dan nomor dua belas dalam peringkat resmi UFC pound-for-pound.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini