Pintu Gerbang Masjid Istiqlal Terinspirasi dari Asmaul Husna, Berikut Namanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 614 2267054 pintu-gerbang-masjid-istiqlal-terinpirasi-dari-asmaul-husna-berikut-namanya-zXV7VvXz2x.jpg Masjid Istiqlal (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

ASMAUL Husna bukan hanya bisa dibaca untuk doa dan shalawat saja, namun juga dapat menjadi inspirasi. Salah satunya adalah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, di mana gerbang masuknya terinspirasi dari nama-nama Allah tersebut.

"Ya, nama pintu gerbangnya berasal dari Asmaul Husna," ujar Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Terdapat tujuh gerbang yang diambil dari nama berdasarkan dari 99 Asmaul Husna, yaitu antara lain; Al Fattah, As Salam, Ar Razzaq, Al Quddus, Al Malik, Al Ghaffar, dan Ar Rahman.

Baca juga: Masjid Bersejarah Berusia Seabad Lebih Ludes Terbakar

Tentu saja masing-masing nama tersebut memiliki arti atau makna, yakni:

Al Fattah (الفتاح): Yang Maha Pembuka Rahmat

As Salam (السلام): Yang Maha Pemberi Kesejahteraan

Ar Razzaq (الرزاق): Yang Maha Pemberi Rezeki

Al Quddus (القدوس): Yang Maha Suci

Al Malik (الملك): Yang Maha Merajai

Al Ghaffar (الغفور): Yang Maha Pengampun

Ar Rahman (الرحمن): Yang Maha Pengasih

Kini masjid terbesar se-Asia Tenggara ini hadir dengan wajah barunya, dengan menampilkan kesan lebih elegan. Di mana seluruh bangunannya direnovasi setelah 41 tahun berdiri, terdiri dari ruang utama sholat, tempat wudhu, hingga lahan parkir di mana saat ini Nampak lebih cantik dan indah.

Seperti dikutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Minggu, 27 Juli 2020, setelah direnovasi, Masjid Istiqlal kini menggunakan teknologi smart lighting dengan 3.600 titik lampu di ruang sholat utama. Meski sangat terang, namun tidak akan membuat orang di dalamnya merasa silau, malah seakan-akan teduh.

Selanjutnya, pencahayaan kubah dalam memakai teknologi kekinian, yaitu dynamic white yang dapat berubah warna setiap hari. Sementara kubah luar mengimitasi warna cahaya bulan yang diatur dengan komputer.

Menariknya lagi, keistimewaan lain pada masjid ini adalah adanya lampu hemat energi yang digunakan dalam Istiqlal. Lampu ini dapat diatur melalui aplikasi smartphone khusus dipegang oleh pengelola masjid. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini