4 Syarat Wanita agar Dirindukan Surga

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 616 2267650 4-syarat-wanita-agar-dirindukan-surga-3v3lOrOdmx.jpg ilustrasi (stutterstock)

ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala menyediakan surga bagi hamba-Nya yang beriman dan taat kepada-Nya. Namun, terdapat perempuan yang dirindukan surga bahkan dijamin masuk surga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meski terdapat hadist yang menyebutkan bahwa perempuanlah penghuni terbanyak di nereka.

Berikut adalah hadist yang menyebutkan bahwa perempuan adalah kebanyakan penghuni nereka, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

"Aku melihat ke dalam Surga maka aku melihat kebanyakan penduduknya adalah fuqara (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penduduknya adalah wanita.” (HR. Bukhari, no. 3069 dan Muslim no.7114, dari Ibnu Abbas dan Imran serta selain keduanya).

Baca juga: Alquran dan Sains Buktikan Semut Sangat Kompak serta Ajarkan Toleransi Tinggi

Tetapi ternyata ada pula perempuan yang dirindukan oleh surga, walaupun kaum perempuan tidak bisa melakukan banyak hal seperti yang dilakukan kaum laki-laki.

Seperti yang dikutip dari salah satu video Youtube channel Official iNews, penceramah Ustadzah Syifa Nurfadhilah menyampaikan betapa menghargainya Islam terhadap kaum perempuan, sehingga Rasulullah mengatakan jika perempuan ingin masuk surga bahkan mencium bau surga dari dunia terdapat syarat yang harus dilakukan.

1. Menjaga sholat 5 waktu

Wanita akan dirindukan oleh surga apabila selalu menjalankan shalat 5 waktu, kecuali wanita tersebut memiliki uzur tertentu. Karena selain shalat 5 waktu merupakan kewajiban setiap muslim, sholat juga merupakan pembeda antara umat muslim dengan nonmuslim.

Ustadzah Syifa menegaskan jika sholat 5 waktu serta sholat sunah lainnya tidak tertinggal, maka jangankan masuk surga bahkan mencium bau surga dari dunia saja sudah bisa.

2. Berpuasa di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan ladang pahala bagi wanita yang menjalankan puasa, selain berpuasa wanita juga menyiapkan berbuka dan sahur untuk suami dan anak-anaknya.

3. Wanita yang menjaga kesuciannya

Dalam surat An-Nisa ayat 34 disebutkan :

...فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ...

Artinya: “...Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)...” (Q.S An-nisa : 34).

Ustadzah Syifa menjelaskan mengenai perempuan yang menjaga kesucian terdapat cirinya, yaitu sholehah. Sholehah bagi seorang wanita itu yang pertama qonitah artinya wanita yang taat. Kemudian yang kedua hafidzhoh lil ghoib yaitu menjaga kesuciannya dalam dirinya saat sedang ada atau tidak ada suaminya.

4. Taat pada suami

Ini merupakan syarat masuk surga yang sering kali dilupakan oleh para wanita, yaitu taat kepada suami. Ustadzah Syifa mengatakan, “Jadi apapun perintahnya kalau itu kebaikan dan menuju ridho Allah, lakukan. Tapi kalau perintahnya dalam hal maksiat, jangan pernah dituruti,” ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Itulah empat syarat yang harus dilakukan para wanita agar dapat memasuki surganya Allah, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam :

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, 'Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka'.” (HR. Ahmad).

Ustadzah Syifa Nurfadhilah pun menyampaikan bahwa kaum wanita dapat berkaca kepada wanita-wanita sholihah yang terdapat dalam Alquran.

Disebutkan dalam Alquran terdapat 27 wanita hebat kemudian dibagi menjadi dua dengan masing-masing jumlahnya 14 dan 13.

Ke 14 wanita tersebut merupakan para wanita-wanita yang memiliki peran penting dalam kehidupan para Nabi, seperti para istri-istri Nabi. Dan 13 wanita lainnya adalah wanita-wanita yang menjadi sebab turunnya ayat Alquran, seperti di antaranya Siti Maryam, Siti Khadijah, Fatimah, dan Asiyah.

Itu lah wanita-wanita yang dapat dijadikan contoh dan empat syarat sebelumnya dapat dijadikan acuan agar kita bisa menjadi ahli surganya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya