Share

3 Pola Hidup Sehat ala Rasulullah SAW

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 616 2269467 3-pola-hidup-sehat-ala-rasulullah-saw-t3sMh2y6tF.jpg ilustrasi (stutterstock)

SEHAT adalah salah satu nikmat dari Allah. Menjaga kesehatan bagian dari sunah, karena Rasulullah shallallahu alaihi wasallam senantiasa melakukannya semasa hidup.

Nabi Muhammad tak pernah mengalami sakit serius, kecuali saat menjelang wafat. Beliau selalu bugar dan sehat sehingga kuat dalam beribadah dan memimpin umat. Pola hidup sehat Rasulullah patut dicontoh.

Baca juga:  Sains dan Alquran Jelaskan Pentingnya Menjaga Mulut dari Mikroba

Diriwayatkan oleh Imam Al-Tutmudzi di dalam sunannya dari Abdullah bin Muhsin Al-Khutami bahwa Nabi Muhammand shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa yang pada waktu paginya merasakan ketentraman hati, sehat pada jasmaninya, dan dia memiliki makanan untuk hari itu maka sungguh seakan dunia telah dikumpulkan untuk dirinya.” (Al-Turmudzi: 4/547 no: 2346)

Pendakwah Ustadz Taufiqurrahman dalam tausyiahnya yang dikutip dari video di kanal Youtube Official iNews, Sabtu (29/8/2020), menjelaskan pola hidup sehat ala Rasulullah:

1. Menjaga kebersihan dan kesucian

Dalam sebuah hadist dikatakan “At-Thohuuru syathrul iman”, yang artinya: “Kesucian/bersuci merupakan setengah/sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).

Menjaga kebersihan atau kesucian merupakan hal yang perlu dilakukan, bahkan sebelum melakukan shalat kita diharuskan bersuci terlebih dahulu dengan cara berwudhu.

 

Dalam sehari sholat wajib dikerjakan sebanyak 5 waktu, maka kita akan berwudhu minimal 5 kali. Dengan membasuh wajah, tangan hingga kaki, maka Nabi memperumpamakan bahwa orang yang berwudhu 5 kali sehari seperti orang yang mandi 5 kali sehari, maka tubuh kita akan bersih dari kotoran dimana hal itu menjauhkan kita dari penyakit.

2. Mandi

Ustadz Taufiqurrahman menyampaikan sebuah hadist, dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya ‘Wajib atas setiap orang Islam dalam seminggu 7 hari, yang seharinya wajib mandi’,” tuturnya.

Kemudian Ustadz Taufiqurrahman menyampaikan pula bahwa Rasulullah mandi diwaktu menjelang sepertiga malam. Menurut penelitian medis, mandi di sepertiga malam bisa mencegah penyakit demam, flu, serta melancarkan peredaran darah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. Memotong kuku dan bulu-bulu pada tubuh

 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memotong kuku serta bulu-bulu atau rambut yang terdapat di bagian tubuh.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

Nabi mengatakan 5 macam perbuatan yang kalau dikerjakan akan berdapak kepada kebersihan yang nantinya menghasilkan kesehatan.

Pertama adalah khitan atau sunat. Kedua mencukur bulu kemaluan. Ketiga menggunting kuku. Keempat mencabut bulu ketiak. Kelima mencukur tipis kumis.

“Intinya Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam mengajarkan untuk pola hidup sehat, dengan yang namanya kebersihan dan kesucian. Karena ketika bersih dzahirnya maka insya Allah batinnya pun akan mengiringi,” kata Ustadz Taufiqurrahman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini