Allah Sangat Mencintai Hamba yang Kuat

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 330 2270703 allah-sangat-mencintai-hamba-yang-kuat-9MnlL109oG.jpg Syekh Ali Jaber (Youtube)

SIAPA yang kuat imannya, maka ia lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT daripada mereka yang lemah. Namun, yang lemah tidak boleh diremehkan karena ia masih memiliki iman. Selama manusia masih memiliki iman, ia berada dalam lingkup kebaikan.

Rasulullah SAW menyerukan tiap muslim untuk menjadi pribadi yang kuat.

الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِل اللهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ

Artinya: “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah subhanahu wa ta’ala daripada mukmin yang lemah.” (HR Muslim dan Ibnu Majah)

Baca juga: 4 Pelajaran Penting dan Inspiratif dari Kisah Nabi Yusuf

Iman manusia bisa bertambah dan berkurang. Bertambahnya keimanan ditunjukan dengan ketaatan sehingga ia akan kuat. Berkurangnya keimanan ditunjukan dengan sebab kemaksiatan sehingga ia melemah. Lemahnya iman harus dihindarkan, yakni dengan meninggalkan kemaksiatan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allah dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.” (HR. Muslim)

Dikutip dari channel Youtube Official RCTI, Selasa (1/9/2020), pendakwah asal Madinah Syekh Ali Jaber mengungkapkan orang mukmin yang kuat, yaitu kuat dengan imannya, kemampuannya, kesehatannya, pikirannya dan ia mampu menjadi orang-orang yang bermanfaat.

Syekh Ali Jaber kembali menegaskan, kita ini orang yang kuat, kuat dalam menyebarkan kebaikan, kuat dengan kekayaan, dan kuat untuk berlaku adil.

Itulah ajaran islam yang mengajarkan kita membawa sifat Allah, Allah yang Maha Kuat kita juga harus menjadi mukmin yang kuat. Kuat dalam beribadah, istiqomah mendekatkan diri kepada Allah dan selalu mencari ridha Allah SWT.

“Janganlah sekali-kali menjadi orang yang lemah, lemah iman, lemah aktifitas dan selalu merasa diri malas, bahkan kita ingat Allah Maha Kuat jadi kita wajib menjadi orang yang kuat, yang bermanfaat untuk agama dan negeri,” ujar Syekh Ali Jaber.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini