Tugas Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur, Pembawa Ujian Kubur

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 330 2317574 tugas-malaikat-munkar-dan-nakir-di-alam-kubur-pembawa-ujian-kubur-bSJEu20MFp.jpg Malaikat Munkar Nakir ditugaskan di alam kubur. (Foto:Okezone)

JAKARTA – Malaikat Munkar dan Nakir diciptakan dengan tugas khusus dari Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT) .

Malaikat adalah makhluk mulia yang digelari sebagai tantara-tentara Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT).

Allah SWT menciptakan malaikat dengan tugas yang berbeda-beda. Salah satunya tugas, Malaikat Munkar dan Nakir.

Baca Juga: Makan Tak Diawali dan Diakhiri Berdoa, Akibatnya Akan Seperti Ini

Nama Malaikat Munkar dan Nakir tidak ditemukan dalam Al-Qur’an. Nama keduanya disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallam (SAW). Keduanya adalah malaikat yang menguji manusia di dalam kubur.

Dikutip dari buku "Mengundang Malaikat ke Rumah" disusun oleh Mahmud Asy-Syafrowi dikutip pada Sabtu (28/11/2020) disebutkan: Diriwayatkan dari Anas Ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Kalbu Mengeras karena Jauh dari Allah SWT

“Jika mayat sudah diletakkan dalam liang kuburnya dan para pengiring meninggalkannya, maka dia benar-benar bisa mendengar sandal mereka. Lalu dua malaikat mendatanginya dan mendudukannya. Dua malaikat itu bertanya, ‘Apa yang kamu katakan tentang orang ini, Muhammad?’. Jika dia seorang mukmin, maka dia menjawab, ‘Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Malaikat berkata, ‘Lihatllah tempat dudukmu dari api neraka, yang telah diganti Allah dengan tempat duduk dari surga.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis lainnya:

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab Ra., katanya, “Rasulullah SAW berkata kepadaku, ‘Bagaimana jika kamu ada dalam empat hasta dalam dua hasta, dan kamu melihat Munkar dan Nakir?’ Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, siapa itu Munkar dan Nakir?’ Beliau bersabda, “Dua malaikat yang membawa ujian kubur.” (HR. Abu Daud, al-hakim,dan Baihaqi) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini