Cara Nabi Muhammad SAW Tidur, Ternyata Menghadap Kanan dan Berwudhu

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 621 2324055 cara-nabi-muhammad-saw-tidur-ternyata-menghadap-kanan-dan-berwudhu-9a2Y6jVkpz.jpg Ilustrasi berwudhu. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Tidur dalam keadaan suci, yaitu tidur dalam keadaan telah berwudhu. Maksudnya, seorang muslim hendaknya berwudhu terlebih dahulu apabila hendak berangkat tidur.

Demikianlah salah satu adab tidur yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Sallam (SAW). Memang, kami kesulitan mendapatkan hadits fi'liyah dari sahabat yang menceritakan perbuatan Nabi dalam hal ini.

Namun siapa pun pasti yakin, bahwa beliau biasa berwudhu dulu sebelum tidur. Dari buku "165 Kebiasaan Nabi" ditulis Abduh Zulfidar Akaha dikutip pada Selasa (8/12/2020) disebutkan, dalam sebuah hadis shahih riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim disebutkan:

Baca Juga: Ustaz Adi Hidayat Sebut Penyakit Iri Hati Membuat Tak Tentram dari Subuh hingga Malam

"Dan dari Al-Bara' bin Azib Radhiyallahu Anhuma, ia berkata, 'Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda kepadaku:

'Apabila engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana engkau wudhu untuk shalat. Kemudian tidurlah di atas bahumu sebelah kanan." (Muttafaq Alaih)

Baca Juga: Ustaz dr Zaidul Akbar Ungkap Kisah Anak Sakit Disebabkan Emosi Atas Perlakuan Buruk Orangtua

"Apabila engkau mendatangi tempat tidurmu," maksudnya yaitu apabila engkau akan tidur. Jadi, sebelum pergi ke tempat tidur dan merebahkan badan, hendaknya seorang muslim berwudhu terlebih dahulu. Sebab jika seseorang telah berada di atas tempat sementara dia belum berwudhu, biasanya dia akan malas turun dari tempat tidur dan pergi ke belakang untuk mengambil air wudhu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tentang keutamaan tidur dalam keadaan berwudhu, Rasullulah bersabda: “Barangsiapa yang pergi ke tempat tidurnya dalam keadaan suci seraya menyebut Allah Yang Mahamulia dan Agung hingga dikalahkan oleh rasa kantuk, maka tidak terlewatkan sesaat pun sepanjang malam jika dia meminta kebaikan dunia dan akhirat kepada-Nya, melainkan pasti akan diberi.(HR. At-Tarmidji dan Ibnu As-Sunni)

"Dalam keadaan suci" maksudnya adalah dalam keadaan berwudhu, sebagaimana dijelaskan pada hadis sebelumnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya