Hukum Pemakaman Jenazah, Pesan Nabi Muhammad SAW Segerakanlah

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 614 2324643 hukum-pemakaman-jenazah-pesan-nabi-muhammad-saw-segerekanlah-jTPNPXBZPA.jpg Lahan pemakaman Muslim di Jakarta. (Foto:Okezone)

JAKARTA – Kematian pasti akan datang, tak ada satu orang pun yang tahu kapan akan meninggal dunia. Berbicara soal kematian, mengapa dalam Islam, jenazah harus segera dimakamkan atau dikuburkan?

“Mempercepat penguburan jenazah, ini termasuk sunah Nabi alaihi salam. Sebagaimana ada hadis shahih berbunyi, ‘Menghormati jenazah adalah segera memakamkannya’. Jadi sangat dianjurkan untuk tidak menunda hal itu. Meninggal dunia pada saat itu, diurus, dimandikan, dan dikuburkan,” ujar Ustaz Khalid Basalamah dalam video akun Youtube Fadhilah Islam, Rabu (09/12/2020).

Baca Juga: Jangan Malas, Begini Olahraga yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW

Seperti hadis Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Percepatlah kalian dalam membawa jenazah. Jika jenazah itu baik, maka kalian telah mendekatkanya pada kebaikan. Jika jenazah itu jelek, maka kalian telah melepaskan dari pundak kalian.” (HR Imam Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Wanita Karier, Ini Contoh Ketaatan Berkhidmat Khadijah Terhadap Suami dan Keluarga

Melalui hadis ini, seorang muslim dianjurkan untuk segera menguburkan orang yang sudah meninggal dunia. Dunia kesehatan juga setuju dengan pendapat ini, bahwa ketika seorang yang meninggal haruslah segera dikuburkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pasalnya, orang yang telah meninggal dunia akan mengeluarkan cairan. Dan cairan ini yang akan menyebabkan bau tak sedap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya