Mengurus Jenazah hingga Menguburkan Pahalanya Sebesar Gunung Uhud

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2326022 mengurus-jenazah-hingga-menguburkan-pahalanya-sebesar-gunung-uhud-PqtLSXu5Lj.jpg Mengurus hingga menghantar jenazah ke pemakaman pahalanya sebesar Gunung Uhud. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sudah menjadi kewajiban dalam syariat Islam untuk mengurus jenazah hingga menghantarkannya ke pemakaman. Kewajiban itu merupakan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT).

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, sungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) bersabda: “Mandikanlah dengan air dan daun bidara, dan kafanilah dengan dua kain ihramnya.”

Baca Juga: Ghibah Seperti Memakan Bangkai Saudara Sendiri yang Sudah Mati

Hal-hal yang harus dilakukan setiap umat Muslim terhadap orang yang meninggal, yaitu dengan memandikan, mengkafani, mensholati, dan mengubur jenazah.

Ustaz Abdul Somad, Lc. MA menjelaskan, hukum mengurusi jenazah adalah segera mandikan dan kuburkan. "Karena kalau sudah sehari semalam, maka keluarlah cairan dari dalam badan, membusuk," ujarnya, dikutip dari channel Youtube Sahabat Islam, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga: Bagaimana Hukum bagi Perempuan untuk Ziarah Kubur?

Dari Abu Hurairah [diriwayatkan] dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda: Siapa saja yang mensholatkan jenazah, maka baginya pahala satu qirath dan siapa yang menghantarnya hingga jenazah itu diletakkan di liang kubur, maka baginya pahala dua qirath. Saya bertanya: Wahai Abu Hurairah, seperti apakah qirath itu? Ia menjawab: Yaitu seperti Gunung Uhud” [HR. Muslim].

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perintah dalam Islam untuk menyegerakan pelaksaan yang harus dilakukan terhadap mayit. Orang-orang di sekitarnya terutama keluarga yang wajib untuk melakukan syariat yang diriwayatkan nabi untuk umatnya. 
Perintah dalam Islam untuk menyegerakan pelaksaan yang harus dilakukan terhadap mayit. Orang-orang di sekitarnya terutama keluarga yang wajib untuk melakukan syariat yang diriwayatkan nabi untuk umatnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya