Muslim Belum Sah Bertakwa Jika Tetangga Masih Merasa Tak Nyaman

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 330 2328632 muslim-belum-sah-bertakwa-jika-tetangga-masih-merasa-tak-nyaman-2xnAT3sv8J.jpg Memuliakan tetangga beragama apapun adalah adab yang diajarkan dalam Islam. (Foto:Okezone)

JAKARTA –  Umat Muslim belum dapat dikatakan bertakwa dan beriman jika tetangganya belum diperhatikan.

Hidup bertetangga yang baik menjadi salah satu kewajiban yang diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT). Islam mengajarkan adab yang benar dalam hidup bertetangga.

Baca Juga: Galau Ambil Keputusan? Sholat Istikharah Jadi Penuntun

Manusia diciptakan sebagai makhluk hidup yang pasti membutuhkan bantuan orang lain. Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk senantiasa hidup berdampingan dengan tetangga.

Firman Allah SWT dalam QS. An-Nisa ayat 36 yang artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya-mu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”.

Baca Juga: Di Bawah Laut Terdapat Sungai, Begini Penjelasan dalam Al-Qur'an

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) "Wahai Rasulullah, saya memiliki dua tetangga, lalu manakah yang lebih aku beri hadiah terlebih dahulu?'' Beliau menjawab: "Yang lebih dekat dengan pintu rumahmu." (HR Bukhari-5561)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adab dalam Islam terhadap tetangga untuk selalu memberikan perhatian. Tetangga yang merupakan orang terdekat dari rumah, menjadi perintah Allah SWT untuk menjalin hubungan baik dengannya.

Maka itu bertetangga harus baik dan harus hidup berdamai. Ditegaskan oleh Ustaz Adi Hidayat, Lc, MA "Kalau mengaku muslim, dengan tetangga harus baik walaupun beda keyakinan. Berbagilah dengan orang yang melihat penikmatannya, dan nikmati dengan cara yang terbaik," ujarnya dalam Youtube Ceramah Pendek pada Rabu (16/12/2020)

Hikmah hidup bertetangga menjadikan manusia ebagai makhluk yang rukun untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera. Hal lain yang didapat ialah terhindar dari sifat-sifat negatif yang tidak diinginkan seperti egois atau anti sosial. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya