Pengertian Asmaul Husna 99 Nama Allah SWT dan Cara Menerapkan dalam Kehidupan

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 330 2328898 begini-pengertian-asmaul-husna-99-nama-allah-swt-dan-cara-menerapkan-dalam-kehidupan-EbqBRgVB6q.jpg Kenali 99 nama Allah SWT dan terapkan dalam kehidupan. (Foto:Okezone)

JAKARTA – Asmaul Husna adalah kalam Allah atau nama-nama Allah yang indah. ‘Asma’ berarti ‘nama’, sedangkan ‘husna’ berarti ‘indah atau baik’.

Asmaul Husna merupakan nama-nama gelar atau sebutan Allah Subhana Wata'ala (SWT) atas kebesaran dan kehebatan-Nya yang terdiri dari 99 nama Allah SWT.

Baca Juga:  Karya Syaikh Ali Thantawi Soal Kematian yang Menggetarkan Hati 

Bagi seorang muslim, asmaul husna tidak boleh asing untuk didengar. Karena, dengan tahu dan hafal dengan nama-nama itu, jaminanya adalah surga.

Seperti sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh Sembilan (99) nama, siapa yang menghafalnya maka masuk surga. Bahwasannya Allah itu Maha Ganjil dan menyenangi kepada yang ganjil.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga: Ganjarannya Syahid bagi Ibu yang Wafat Ketika Melahirkan

Allah Subhanahu wa ta’ala juga berfirman:

“Milik Allah-lah nama-nama yang indah, dan mohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama tersebut.” (QS. Al-Ar’raaf : 130)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Asmaul Husna bersifat sempurna, tidak ada selain nama-Nya lah yang paling baik dan indah. Buya Syakur menjelaskan, salah satu asmaul husna yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ialah Ar-Rahman, atau nama Allah yang Maha pengasih.

“Mengapa kita harus meneladani sifat ini? Karena keberadaan kita juga dari Rahman Allah Subhanahu wa ta’ala. Udara, air, angin, semuanya gratis. Maka, kita juga sebaiknya berterima kasih kepada Allah atas nikmat yang diberikan,” ujarnya dalam Channel Youtube KH Buya Syakur Yasin MA dikutip pada Rabu (16/12/2020).

 Sementara tugas  sebagai manusia dan seorang muslim, hanyalah beriman dan mempercayai kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala dengan segala sifatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya