Tanda Kiamat Ada Hewan Melata Berbicara, Apa yang Akan Diucapkan?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 330 2330167 tanda-kiamat-ada-hewan-melata-berbicara-apa-yang-akan-diucapkan-a07O4oeMq8.jpg Salah satu tanda kiamat yakni hewan melata bisa bicara. (Foto: Ilustrasi kiamat/Popular Mechanic

JAKARTA - Kiamat adalah hal yang pasti terjadi, hanya waktunya belum diketahui. Namun Al Quran telah memberikan tanda-tanda, salah satunya adalah hewan melata yang bisa berbicara. Lantas, apa yang akan dikatakan hewan tersebut?

Hewan tersebut nantinya bukan turun dari langit. Melainkan dari dalam bumi. Hal itu tertuang dalam Surah An-Naml ayat 81.

Baca Juga:  Imam Bukhari, Buta di Waktu Kecil tapi Mampu Hafal 300.000 Hadis

Allah SWT berfirman, "Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin pada ayat-ayat Kami."

Dikutip pada Sabtu (19/12/2020) dari buku "Dahsyatnya Hari Kiamat" oleh Ibnu Katsir, terbitan Qitshir Press, Ibnu Abbas, al-Hasan, dan Qatadah berkata mengenai tafsir dari ayat "yang akan mengatakan kepada mereka," yakni berbicara langsung dengan mereka.

Baca Juga: Tenang Saja, Semua Sudah Diatur dalam Islam

Ibnu Jarir membenarkan bahwa binatang melata itu berbicara langsung dengan mereka, "Bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dia menuturkan keterangan ini dari Ali dan Atha'. Dalam hal ini ada perbedaan pandangan.

Dari Ibnu Abbas, "Berbicara kepada mereka artinya melukai mereka, menulis kafir di kening orang kafir, dan darinya berbicara dengan mereka dan mengeluarkan mereka. Pendapat ini terbagi menjadi dua dan yang kuat dan Hasan adalah mengumpulkan keduanya. Wallahu alam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya