Kisah Khulafaur Rasyidin Memimpin Masa Abad yang Terbaik

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 330 2330625 kisah-khulafaur-rasyidin-memimpin-masa-abad-yang-terbaik-JYpyV1FPbj.jpg Khulafaur Rasyidin pemimpin terbaik setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. (Foto:Okezone/Ist)

JAKARTA - Khulafaur Rasyidin merupakan kekhalifahan yang berdiri setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Khulafaur Rasyidin ialah orang-orang yang ditunjuk sebagai pengganti Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam (SAW) untuk memimpin umat Islam yang mendapatkan petunjuk dari Allah Subhanahu wata'ala (SWT).

Baca Juga: Doa Setelah Asar di Hari Jumat Mustajab, Ustaz Khalid Basalamah: Agar Nikmat Allah SWT Dipertahankan

Sabda Rasulullah “Dahulu Bani Israil dipimpin oleh para Nabi. Setiap kali seorang nabi wafat maka diganti oleh nabi yang lain. Dan sesungguhnya tidak ada nabi setelahku, yang ada adalah para khalifah dan mereka semakin banyak….” (Shahih, HR. Al-Bukhari Kitabul Anbiya`.

Abu Bakar As Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib merupakan empat sahabat nabi yang meneruskan kepemimpinan dalam Khulafaur Rasyidin.

Baca Juga: Jumat Walinya Para Hari, Ini Keutamaan yang Dapat Dilakukan

Ustaz Khalid Basalamah menegaskan masa Khulafaur Rasyidin termasuk abad yang terbaik. "Di mana abad Nabi Muhammad SAW hidup sampai meninggal kemudian diikuti dengan 4 orang setelahya (Khulafaur Rasyidin)" ujarnya dalam Youtube Tafaqquh Fiddin pada Senin (21/12/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pada masa khalifah Khulafaur Rasyidin, empat sahabat nabi tersebut memiliki sifat yang teladan yang mampu menyebarkan ajaran agama Allah SWT. Mereka mendapatkan petunjuk dari-Nya untuk terus memperoleh keberkahan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya