Apa Bedanya Masjid Agung dengan Masjid Raya

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 614 2335478 apa-bedanya-masjid-agungs-dengan-masjid-raya-mUEKr9e9CZ.jpg Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masjid adalah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Namun, ternyata masjid sendiri memiliki 8 tipe golongan yang berbeda-beda. Termasuk Masjid Agung dan Masjid Raya

Mengutip dari bimasislam.kemenag.go.id, Selasa (29/12/2020) berikut tipe jenis masjid di Indonesia.

1. Masjid Negara

Masjid yang berada di Ibu Kota Negara Indonesia, menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat Kenegaraan.

Baca Juga: Aa Gym Positif Covid-19, Ustaz Yusuf Mansur Ajak Mendoakan Kesembuhan

2. Masjid Nasional

Masjid yang berada di Ibu Kota Provinsi yang ditetapkan oleh Menteri Agama sebagai Masjid Nasional dan menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat Pemerintahan Provinsi.

3. Masjid Raya

Masjid yang berada di Ibu Kota Provinsi, ditetapkan oleh Gubernur atas rekomendasi Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi sebagai Masjid Raya, menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat provinsi.

Baca Juga: Kemuliaan Menutupi Aib Saudara Sendiri, Begini Hikmahnya

4. Masjid Agung

Masjid yang berada di Ibu Kota Kabupaten/Kota, ditetapkan oleh Bupati/ Walikota atas rekomendasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan Pemerintah dan masyarakat muslim di wilayah Kabupaten/Kota.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Masjid Besar

Masjid yang berada di Kecamatan, ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setingkat Camat atas rekomendasi Kepala KUA Kecamatan sebagai Masjid Besar, menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan di wilayah Kecamatan.

 6. Masjid Jami

Masjid yang terletak di pusat pemukiman di wilayah pedesaan/kelurahan, dan menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan masyarakat di wilayah pemukiman/desa/kelurahan.

7. Masjid Bersejarah

Masjid yang berada di kawasan peninggalan Kerajaan/Wali Penyebar Agama Islam, memiliki nilai besar dalam sejarah perjuangan Bangsa. Dibangun oleh para Raja/Kesultanan/para Wali penyebar Agama Islam serta para pejuang kemerdekaan.

8. Masjid di Tempat Publik

Masjid yang terletak di kawasan publik untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan ibadah.

Nah, sudah jelas bukan bedanya masjid agung dan masjid raya? Yang berbeda hanya penyebutannya berdasarkan fungsi dan letaknya saja.

Jadi sekarang tidak perlu bingung lagi. Semua Masjid tetap sama, dibangun untuk tempat ibadah umat Islam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini