KH Ahmad Ishomuddin: Hukum Vaksin Covid-19 Fardu Ain

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 614 2343716 kh-ahmad-ishomuddin-hukum-vaksin-covid-19-fardu-ain-wIEhcg4u3H.jpg Presiden Jokowi saat disuntik Vaksin Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). (Foto: Setpres)

JAKARTA - Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Ishomuddin mengajak umat Islam Indonesia untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk melindungi jiwanya dari ancaman penularan virus corona.

Ahmad mengatakan, salah satu tujuan agama Islam diturunkan ke bumi untuk mengajak umat manusia menjaga kesehatannya agar yang sehat tidak menjadi sakit, dan yang sakit segera sembuh.

"Oleh karena itu vaksinasi sebagai upaya fardu ain merupakan kewajiban kita semua. Agar kita tercegah wabah yang sedang melanda dunia ini. Yaitu Covid-19," kata dia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: 13 Daftar Pengingat Saat Evaluasi Diri yang Perlu Dilakukan Umat Muslim

Ahmad juga mengajak warga Nahdliyin untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 untuk mengendalikan penularan Covid-19. Dia berharap, vaksin Covid-19 efektin dan segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Banyak ulama, kiai, dokter, tenaga kesehatan yang telah mendahului kita. Oleh karena itu pencegahan melalui vaksinasi penting. Kita akan terus berupaya agar seluruh masyarakat Indonesia untuk melaksanakan vaksinasi dengan tanpa rasa takut. Tidak perlu diragukan bahwa vaksin ini telah memproleh sertifikasi halal," ujarnya.

Ahmad mengingatkan bahwa setiap manusia wajib untuk menjaga kesehatannya. Dia menegaskan bahwa PBNU menolak tegas berbagai upaya kampanye antivaksin Covid-19.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dia pun meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah tak akan pernah menyengserakan rakyat, dan tidak akan pernah mencelakakan rakyatnya. Menurut dia, dengan vaksin masyarakat bisa memiliki imun terhadap virus corona.

Ahmad juga mengajak masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak aman.

"Mudah-mudahan pandemi segera berakhir. Sehingga masyarakat Indonesia pulih termasuk sisi ekonomi dan lainnya," tutur dia. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya