Desain Masjid Nabawi ala Indramayu, Ridwan Kamil: Saya Mau Ini Karya Spesial

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 614 2357649 desain-masjid-nabawi-ala-indramayu-ridwan-kamil-saya-mau-ini-karya-spesial-hTMYQjsRlc.jpg Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto:Okezone/Dok)

BANDUNG- Arsitek Masjid Nabawi ala Indramayu yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap terlibat membantu mendesain.

Selama ini orang mengetahui Masjid Nabawi ada di Kota Madinah, Arab Saudi. Namun akan hadir duplikasinya Masjid Nabawi ala Indramayu di Komplek Asrama Haji. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bahkan menginginkan karyanya ini yang spesial.

Ridwan Kamil yang juga dikenal sebagai arsitek ulung sejumlah masjid dan museum fenomenal itu menginginkan desain Masjid Nabawi Indramayu berbeda dari masjid-masjid lainnya yang telah lebih dulu dia rancang.

Baca Juga: Segera Dibangun Masjid Nabawi ala Indramayu di Komplek Asrama Haji

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengaku, sudah mengetahui rencana pembangunan Masjid Nabawi versi lokal tersebut. Keinginan Ridwan Kamil tersebut, kata Uu, keluar langsung dari mulut Ridwan Kamil.

"Pak Gub ingin masjid tersebut berbeda dari masjid-masjid lainnya yang telah dia buat (desainnya)," ungkapnya, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Eksklusif Liputan dari Makkah: Cegah Covid-19, Keran Air Zam-Zam di Masjidil Haram Ditutup

Menurut Uu, tidak hanya ikut terlibat dalam pembuatan desain, Ridwan Kamil melalui kebijakannya pun bakal memberikan bantuan anggaran terhadap pembangunan masjid tersebut.

"Jadi, bukan hanya desain, Pak Gub juga akan mengalokasikan anggaran bantuan untuk pembangunannya," ujar Uu tanpa belum bisa menyebutkan berapa besaran anggaran bantuan yang akan diberikan Pemprov Jabar tersebut.

Uu mengakui bahwa kehadiran masjid di Kompleks Asrama Haji Indramayu bakal menjadi ikon baru Jabar, terlebih masjid tersebut dirancang spesial langsung oleh tangan Gubernur Jabar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dia pun berharap, kehadiran Asrama Haji, termasuk di dalamnya Masjid Nabawi versi lokal tersebut menjadi wujud pemerataan pembangunan dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya warga Jabar.

"Di Kompleks Asrama Haji Indramayu memamg belum ada masjid, harapannya masjid yang bakal dirancang mirip Masjid Nabawi tersebut mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat," katanya.

Diketahui, Asrama Haji Indramayu yang digagas sejak pemerintahan Gubernur Jabar, Ahmad Hermawan itu dibangun sebagai fasilitas pendukung jamaah haji dan umroh asal Jabar yang jumlahnya besar.

Kehadiran Asrama Haji di Indramayu juga didukung oleh keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang akan menjadi bandara keberangkatan haji dan umrah. Saat ini, pemerintah juga tengah mengebut pembangunan Tol Cisumdawu sebagai akses utama menuju bandara di Kertajati, Kabupaten Majalengka itu.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah akan membangun masjid dengan desain ala Masjid Nabawi di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat. Pembangunan masjid ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi Asrama Haji Indramayu menjadi pusat wisata religi. Selain "Masjid Nabawi", di kawasan Asrama Haji bakal dibangun pula museum haji dan rumah sakit.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Oman Fathurahman mengungkapkan, desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan kearifan lokal.

"Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, plus motif budaya Jawa Barat," ujar Oman dilansir laman kemenag dikutip MNC Portal Indonesia, Sabtu (6/2/2021). 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya