Hari Ini Jumat Terakhir Jelang Bulan Rajab yang Istimewa

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 614 2360843 hari-ini-jumat-terakhir-jelang-bulan-rajab-yang-istimewa-y9mP3LzOuc.jpg Hari Jumat Terakhir Jelang Bulan Rajab (Foto: Thoughhtcho)

JAKARTA - Hari ini adalah Jumat terakhir jelang bulan Rajab. Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam perhitungan kalender tahun hijriah serta penanggalan yang digunakan oleh umat Islam di dunia.

Bagi umat Islam, bulan Rajab merupakan bulan yang mulia selain bulan Ramadan. Hal itu diingatkan oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam postingan di Twitter, Jumat (12/2/2021).

"Hari ini Jumat terakhir jelang bulan Rajab. Ulama spt Ibnu Rajab alHanbali ingatkan : Bulan Rajab kunci kebaikan&keberkahan.Krn RasuluLlah SAW ajarkan : اللهم بارك لنا في رجب و شعبان و بلغنا رمضان (Ya Allah berkahilah kami selama Rajab & Sya’ban, beri kesempatan kami bertemu Ramadhan)" demikian postingannya.

Baca Juga: Bulan Rajab, Bulan Awal Menggapai Kemenangan 

Seperti diketahui, bulan Rajab berbeda dari bulan suci lainnya (Zulqadah, Zulhijah, dan Muharram) karena berdiri sendiri di kalender Islam. Rajab adalah bulan kelima dari bulan suci lainnya.

Ini merupakan permulaan untuk membiasakan diri dalam beribadah sebelum menuju Ramadan. Bayangkan Ramadan tanpa Rajab, pasti manusia terkaget-kaget menjalani bulan yang disibukkan dengan ibadah. Dengan mulai berpuasa di bulan Rajab, tentu akan lebih terbiasa ketika berpuasa di bulan Ramadan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Di bulan Rajab ini juga terjadi peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam yang luar biasa, yakni Isra Miraj. Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallam atas perintah Allah Ta’ala yang ditempuh dalam waktu semalam.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya