Keajaiban Membantu Tanpa Berharap

MNC Media, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 330 2371363 keajaiban-membantu-tanpa-berharap-SM0tlJYsmv.jpg Program Dai Muda RCTI Plus. (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Menolong seseorang tidak selalu menggunakan harta ataupun uang, menolong seseorang dapat dilakukan dengan waktu dan tenaga yang dimiliki.

Membantu dengan ikhlas dan tidak berharap imbalan menjadi topik pembicaraan di DAI MUDA RCTI+ episode 62, bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA sendiri tayang eksklusif di RCTI+, setiap Rabu dan Jum’at pukul 15.30 WIB.

Terdapat suatu kutipan dalam Islam tentang tolong menolong “Barang siapa yang membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia, maka kelak Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat”. Saat seseorang tolong menolong dan ikhlas melakukannya, akan banyak imbalan dari Allah SWT yang akan diberikan.

Baca Juga: Ada 4 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Penuh Keberkahan

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Insan ayat ke 9 “Sesungguhnya kami memberi makan (membantu) kalian hanya untuk Allah, kami tidak mengharapkan balasan dari kalian dan tidak pula ucapan terima kasih”.

Tolong menolong harus dalam kebaikan seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya “Tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran”.

Segala bantuan yang diberikan harus dilandasi dengan keikhlasan, Ikhlas merupakan perbuatan yang sangat sulit. Terkadang manusia berbicara menggunakan lisan berkata ikhlas namun di dalam hati berbeda. Ikhlas dapat memurnikan ibadah seseorang kepada Allah SWT, sehingga tidak mengharapkan imbalan apapun selain ridho dari Allah SWT.

Baca Juga: Puasa Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Rukun Puasa Perlu Diketahui

Sebuah hadits terkenal dari Umar bin Khathab R.A yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda “Amal tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.

Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai kemana ia hijrah”.

Selengkapnya mengenai penjelasan tentang membantu tanpa berharap, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini: https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/21450/membantu-tanpa-berharap

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+.

Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya.

Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.rctiplus.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya