Umrah Bulan Ramadhan, Saudi Minta Jamaah Gunakan 2 Aplikasi Ini

Muhaimin, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 614 2390052 umrah-bulan-ramadhan-saudi-minta-jamaah-gunakan-2-aplikasi-ini-5I4MAXlLJf.jpg Jamaah berada di Masjidil Haram sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Freepik)

MAKKAH - Umrah bulan Ramadhan diperbolehkan oleh otoritas Arab Saudi. Meski diperbolehkan namun harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Syarat itu misalnya jamaah sudah divaksin Covid-19 serta mengikuti arahan 2 aplikasi yang sudah ditentukan yakni aplikasi Tawakkalna dan aplikasi Eatmarna.

Sementara itu kapasitas operasional Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi , akan ditingkatkan selama Ramadhan nanti. Kendati demikian, operasional itu tetap mematuhi semua tindakan pencegahan virus corona baru (Covid-19) yang dikeluarkan otoritas terkait.

Baca Juga: Umrah di Bulan Ramadhan Dipersilahkan Asal Sudah Vaksin Covid-19

Pengumuman peningkatan kapasitas operasional itu diterbitkan media pemerintah, Saudi Press Agency (SPA), mengutip sumber resmi di Kementerian Haji dan Umrah, Senin (5/4/2021).

Ada tiga peraturan baru yang disampaikan dalam pengumuman tersebut. Pertama, pemberian izin umrah dan sholat di Masjidil Haram serta berkunjung ke Masjid Nabawi mulai tanggal 1 Ramadhan 1442H diberikan kepada orang yang diimunisasi sesuai dengan aplikasi Tawakkalna.

"Untuk kategori imunisasi (Orang Imun yang mendapat dua dosis vaksin COVID-19/Immune Person setelah 14 hari menerima dosis pertama vaksin COVID-19/Immune Person yang sembuh dari infeksi)," tulis SPA.

Baca Juga: Itikaf dan Iftar Dilarang Digelar di Masjidil Haram dan Nabawi Selama Ramadhan

Kedua, izin pemesanan untuk menunaikan ibadah umrah, sholat dan kunjungan melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, karena waktu yang tersedia dan kapasitas operasional dengan tetap berpegang pada tindakan kehati-hatian.

Ketiga, menunjukkan izin dan memverifikasi keabsahannya melalui aplikasi Tawakkalna, langsung dari rekening penerima.

Sumber di Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa platform utama dan terakreditasi untuk mendapatkan izin adalah melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

“Para karyawan di pangkas rambut, salon wanita, restoran, kafe, dan gerai makanan harus divaksinasi mulai 13 Mei,” papar Kementerian itu.

Ramadhan diperkirakan dimulai tahun ini pada 12 April dan berlangsung selama satu bulan, sedangkan ziarah tahunan haji diperkirakan berlangsung pada 17 Juli, keduanya tergantung pada penampakan bulan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya