Masjid Jami Al Muhajiri Mempunyai 25 Kubah Kecil sebagai Tanda Jumlah Nabi dan Rasul

Ichsan Anshari, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 614 2396413 masjid-jami-al-muhajiri-mempunyai-25-kubah-kecil-sebagai-tanda-jumlah-nabi-dan-rasul-KXWdEkjwRv.jpg Masjid Jami Al Muhajiri di Pinrang, Sulawesi Selatan. (Foto: Ichan Anshari)

PINRANG - Tidak seperti masjid lainnya, Masjid Jami Al Muhajiri ini mempunyai 25 kubah kecil. Usut punya usut itu ternyata jumah kubah kecil itu mewakili jumlah nabi dan rasul yang wajib dimami oleh umat Muslim.

Masjid Jami Al Muhajiri terletak di Desa Ujung Lero, Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan dibangun atas prakarsa seorang habib asal Sulawesi Barat pada 1950.

Selain ada 25 kubah, masjid ini ternyata didirikan tanpa menggunakan besi sebagai kerangkanya. Imam Masjid Jami Al Muhajiri, Habib Yusuf Bin Abdullah mengatakan, habib ini datang ke Desa Ujung Lero karena warga kampungnya sedang dibantai oleh para penjajah.

Baca Juga: Sersan Mayor Kopassus Durman Teguh Berpuasa di Tengah Desing Peluru Operasi Seroja Timor-Timur

"Akhirnya menyingkir, hijrah ke sini. Kemudian ditawari oleh masyarakat untuk membangun masjid," kata Habib Yusuf di Kabupaten Pinrang, Sulsel, Sabtu (17/4/2021). Masjid ini dinamai Al Muhajirin yang memiliki arti orang-orang yang hijrah. Habib Hasan kemudian berbaur dengan masyarakat dan sudah dianggap sebagai penduduk lokal.

Pengurus masjid, Ustaz Abdul Rahman mengatakan, saat dibangun dulu masjid ini tidak memakai kerangka besi seperti umumnya bangunan-bangunan sekarang ini.

"Tidak pakai kerangka besi saat dibangun," katanya. Terkait adanya 25 kubah di atas masjid, Abdul Rahman mengatakan, sesuai dengan jumlah nabi dan rasul yang wajib diyakini umat Muslim. "Iya, memang ada 25 kubah, sesuai dengan jumlah nabi dan rasul," ujarnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya