Ingin Dosa Dihapus dan Ditinggikan Derajat? Yuk Lakukan Ini Setiap Hari

Hantoro, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 330 2404800 ingin-dosa-dihapus-dan-ditinggikan-derajat-yuk-lakukan-ini-setiap-hari-jpzUNDtR53.jpg Jalan menuju masjid adalah cara menggugurkan dosa-dosa kecil. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Apakah Anda ingin perbuatan dosa dihapus dan ditinggikan derajat? Ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya, yakni jalan kaki menuju masjid. Setiap langkah menuju masjid akan menghapus satu dosa lalu meninggikan derajat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللهُ بِهِ الْخَطَايَا، وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ؟ قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ: إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ، وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ، وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ

Artinya: "Maukah kalian aku tunjukkan kepada suatu amal yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan meninggikan derajat?" Para sahabat menjawab, "Ya, wahai Rasulullah." Rasulullah bersabda, "(Yaitu) menyempurnakan wudu dalam kondisi sulit, banyaknya langkah menuju masjid, menunggu sholat setelah mendirikan sholat. Itulah ar-ribath (kebaikan yang banyak)." (HR Muslim Nomor 251).

Baca Juga: Mengapa Umar bin Khattab Menggali 13 Lubang Kubur untuk 'Nabi Daniel'?

Maka itu, setiap Muslimin janganlah ragu berjalan kaki menuju masjid untuk menunaikan sholat. Banyak keutamaan dan pahala yang bisa didapat.

Seorang Muslim yang sudah dewasa dan tanpa udzur syari memang diwajibkan menunaikan sholat fardu secara berjamaah di masjid. Tapi diperbolehkan tidak melaksanakan sholat di masjid jikalau ada udzur syari.

Sebagaimana dilansir laman Muslim or id, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالْأَبْصَارُ

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Artinya: "Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual-beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang." (QS An Nur: 36–37)

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman:

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ

Artinya: "Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat." (QS At Taubah: 18)

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memudahkan kita semua melaksanakanannya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya