Waktu Terbaik untuk Berzakat Fitrah

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 614 2407151 waktu-terbaik-untuk-berzakat-fitrah-jMG7hPLGFp.jpg Zakat Fitrah. (Foto: PPA Daarul Quran)

JAKARTA - Tidak terasa bulan suci Ramadan akan segera meninggalkan kita. Setelah menjalani ibadah puasa puasa selama sebulan lamanya, umat Muslim tak lama lagi akan meraih hari kemenangan.

Namun, sebelum menyambut Idul Fitri umat Muslim diwajibkan untuk bayar zakat fitrah  sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam Surah At-Taubah ayat 103:

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan harta mereka” (QS. At-Taubah 103)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah memerintahkan bagi para umat Islam untuk wajib membayar zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Zakat merupakan cara membersihkan harta kita serta menjadi manusia yang bermanfaat dengan membantu sesama.

Namun dalam menunaikan zakat, ada batasan waktu yang harus kita perhatikan. Mengutip dari laman Baznas, terdapat beberapa perbedaan pendapat dari para ulama yang menyatakan pendapatnya mengenai waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah.

Dalam beberapa pendapat mayoritas ulama mengatakan bahwa zakat fitrah wajib untuk dibayarkan menjelang waktu pelaksanaan salat Idul Fitri. Namun, hal itu jika diterapkan saat ini dirasa kurang pas jika umat Muslim baru melaksanakan pembayaran zakat menjelang dilaksanakannya salat Idul Fitri. Hal ini beralasan, karena saat ini populasi umat Islam sudah begitu besar dibandingkan di masa Rasulullah SAW dan para sahabat dahulu. Maka jika dilakukan pembayaran zakat sebelum salat Idul Fitri dilaksanakan, tentunya hal itu akan menyulitkan para Amil dan juga para muzakki untuk menyalurkan zakat yang akan diterima kepada para Mustahik

Salah satunya Imam Syafi’I berpandangan untuk menunaikan zakat dapat dilakukan sejak awal masuknya bulan Ramadan. Lalu Imam Abu Hanifah dan Imam Malik zakat fitrah wajib dibayarkan saat terbit fajar Idul Fitri. Dalam pendapatnya yang lain, Imam Syafi`i dan Imam Ahmad bin Hambal menyatakan bahwa zakat fitrah wajib ditunaikan sejak tenggelamnya matahari di akhir Ramadan hingga sebelum sholat Idul Fitri.

Selain memperhatikan waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah, terdapat juga waktu-waktu yang terhitung makruh dan juga haram untuk kita menunaikan zakat fitrah.

Yang pertama adalah setelah Salat Idul Fitri namun sebelum matahari terbenam pada hari Idul Fitri, maka hukumnya makruh menunaikan zakat fitrah diwaktu tersebut. Selanjutnya, setelah matahari terbenam pada Hari Idul Fitri merupakan waktu yang diharamkan untuk menunaikan zakat fitrah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya