Pahala Mengganti Qada Puasa di Bulan Syawal

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 613 2409927 pahala-mengganti-qada-puasa-di-bulan-syawal-0e0VsAOKjX.png

JAKARTA - Balik lagi nih di podcast yang seru dan asik tentunya di Podcast Pepet Ustadz. Pada episode kali ini bersama Ustadz Soleh Sofyan akan menjawab pertanyaan dari teman-teman semua yang sudah bertanya melalui media sosial ROOV dan Radio+. Penasaran pembahasannya seperti apa? Yuk simak artikel dibawah ini!

Ustadz Soleh Sofyan melanjutkan untuk menjawab pertanyaan terkait puasa syawal dulu atau bayar utang puasa dulu, “Jadi bagaimana ustadz?”. Ustadz pun menjelaskan bahwa “Sebagian ulama mengatakan lebih utama mengganti puasa yang bersifat wajib, karena antara wajib dan sunah lebih harus didahulukan dengan wajibnya”.

Baca Juga: Santri di Aceh Diajari Menulis Ilmiah

Namun, ulama lain juga berpendapat kalau boleh melakukan puasa syawal karena bersifat mu'ayyan, kemudian mengakhirkannya untuk melakukan mengganti puasa Ramadhan. Lalu, “garis besarnya ada dimana?”, Ustadz pun menjelaskan bahwa “Kalau Anda melakukan puasa syawal sunah, diniatkan dengan kemungkinan kita tidak akan meninggalkan puasa qadha yang wajib, kalau ada kekhawatiran tertinggal maka lakukanlah mengqadha dulu baru melakukan puasa syawal sunah”.

Ulama juga berpendapat bahwa “Kalau Anda mengganti qada puasa di bulan syawal akan mendapatkan dua pahala, yang pertama pahala mengganti puasa, yang kedua pahala puasa dibulan syawal” ujar Ustadz.

Baca Juga: Pandemi Corona, Kepala Madrasah Dituntut Kreatif dan Inovatif

Masih penasaran bagaimana pembahasan mengenai puasa syawal atau bayar hutang dulu? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kamus Ustadz eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=4093

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya