Rasa Takut Hari Kiamat Adalah Ibadah, Ustaz Firanda: Persiapkan Amal Saleh

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 330 2412619 rasa-takut-hari-kiamat-adalah-ibadah-ustaz-firanda-persiapkan-amal-saleh-UPtRvTIhQw.jpg Hari Kiamat pasti akan tiba. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Siapa yang bergetar hatinya saat disebutkan Hari Kiamat. Kengerian seketika datang  menyelimuti kalbu. Pada saat itu, dunia ini akan digulung Allah Ta'ala, tak ada tempat berlindung dan pertolongan. Baik orang yang beriman atau orang yang selalu melakukan kemaksiatan akan mengalami hal itu.  

Akan tentang hal ini Allah Ta'ala pun berfirman: 

اِنَّا نَخَا فُ مِنْ رَّبِّنَا يَوْمًا عَبُوْسًا قَمْطَرِيْرًا ،فَوَقٰٮهُمُ اللّٰهُ شَرَّ ذٰلِكَ الْيَوْمِ وَ لَقّٰٮهُمْ نَضْرَةً وَّسُرُوْرًا

"Sungguh, kami takut akan (azab) Tuhan pada hari (ketika) orang-orang berwajah masam penuh kesulitan. Maka Allah melindungi mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka keceriaan dan kegembiraan." (QS. Al-Insan:10-11)

Ustaz Dr Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Rabu (19/5/2021) menyebutkan rasa takut akan Hari Kiamat adalah ibadah, yang dengannya kesadaran dan semangat kita untuk mempersiapkan diri dengan bekal amal shaleh semakin membara.

Baca Juga: Terlalu Banyak Tertawa Dapat Mematikan Hati

Ibadah yang agung ini kelak akan Allah berikan ganjaran besar, berupa apa yang Allah Ta'ala sebutkan dalam ayat di atas.

Pada bagian lain Ustaz Firanda juga mengingatkan siapakah saksi Hari Kiamat pada pengadilan hari akhir kelak. Orangtua, adik, kakak, sahabat, atau pimpinan saat di kantor? Tidak, bukan itu.

Saksi seseorang saat menghadapi pengadilan hari akhir adalah kaki, tangan, bahkan kulit orang itu untuk bersaksi bagaimana selama hidup di dunia.

Baca Juga: Jika Anak Anda Bertanya Soal Palestina Sampaikan 25 Informasi Penting Berikut Ini

Allah Ta'ala berfirman: 

{بَلِ الإنْسَانُ عَلَى نَفْسِهِ بَصِيرَةٌ وَلَوْ أَلْقَى مَعَاذِيرَهُ}

"Akan tetapi manusia akan menjadi saksi atas dirinya sendiri, meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya. (QS. Al-Qiyamah: 14-15)

Kelak pada hari kiamat, manusia akan menyampaikan berbagai alasan dan hujjah demi menyelamatkan diri mereka dari azab.

"Hanya saja, kelak Allah akan bungkam lisannya dan memberikan kesempatan kepada kaki, tangan, bahkan kulitnya (manusia) untuk bersaksi, membantah kesaksian dusta dari lisannya," ujar Ustaz Dr Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Rabu (7/4/2021).

Saat itu, kata dia, tidak ada lagi kesempatan untuk bersilat lidah pada hari tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya