Manfaat Kartu Nikah Digital, Kemenag: Agar Tak Mudah Tertipu

Widya Michella, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 614 2412233 manfaat-kartu-nikah-digital-kemenag-agar-tak-mudah-tertipu-jX0BJ3mhf1.jpg Kartu Nikah Digital. (Foto: Kemenag)

JAKARTA - Kartu Nikah Digital pada akhir Mei ini akan diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag) guna memudahkan pasangan suami istri dalam proses administrasi pernikahan dan menghindari pemalsuan dokumen.

Kartu Nikah Digital akan disampaikan ke masyarakat bersamaan dengan peluncuran enam KUA Piloting di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Muharam Marzuki menyampaikan setidaknya ada tiga poin manfaat digitalisasi kartu nikah yaitu Pertama, Akses data pernikahan pasangan suami istri menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Tegakkan Sholat Subuh Berjamaah sebagai Tanda Kemenangan Pertama Melawan Setan

Kedua, mempermudah pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri. "Kita juga bisa mengecek benarkah mereka berdua benar-benar pasangan suami istri. Kemudian kita juga bisa mengecek secara cepat kapan menikahnya,” kata Muharam, Rabu (19/5/2021).

Ketiga keberadaan Kartu Nikah Digital ini diharapkan dapat membantu Kemenag untuk menghindari pemalsuan dokumen pernikahan dan praktik penipuan yang dilakukan oleh salah satu pasangan.

"Jadi susah mau nipu-nipu, oh saya belum nikah, nanti ketahuan dari kartu tersebut sekaligus memudahkan pasangan pengantin atau suami istri untuk berpergian tanpa harus khawatir dicurigai apabila mereka pergi bersama. Jadi sudah bisa dicek melalui Kartu Nikah Digital tadi. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah pasti mereka bertanya," kata Muharam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya