Share

Pembelaan Indonesia Kepada Palestina Bukan hanya Pada Sentimen Agama

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 614 2412309 pembelaan-indonesia-kepada-palestina-bukan-hanya-pada-sentimen-agama-apWjmEfETO.jpg Indonesia mendukung perjuangan Palestina. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Mengapa Indonesia begitu berempati terhadap perjuangan warga Palestina? Pertanyaan ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah  Haedar Nashir dalam seremoni Milad 104 tahun ‘Aisyiyah, Rabu (19/5/2021).

Pahitnya penderitaan penjajahan yang dirasakan bangsa Indonesia selama ratusan tahun membuat Rakyat Indonesia yang sadar akan memahami rasa senasib sepenanggungan dengan Palestina.

“Maka kita bisa berempati, bersimpati bahwa betapa hidup sebagai bangsa Indonesia. Setelah tahun 1948 (Palestina) dirampas hak-haknya dalam kurun lebih dari 75 tahun mereka harus berjuang jatuh bangun dan berapa ribu nyawa melayang sebagai syuhada,” ujarnya sebagaimana dikutip laman Muhammadiyah.

Baca Juga: Jika Anak Anda Bertanya Soal Palestina Sampaikan 25 Informasi Penting Berikut Ini

Pembelaan kepada Palestina menurut Haedar bukan pada sentimen agama, tetapi kewajiban Indonesia melanjutkan sikap jelas dan tegas para founding fathernya.

“Dalam konteks inilah selian doa ktia harus menggerakkan pengumpulan dana dari seluruh warga Persyarikatan untuk warga Palestina. Semuanya harus kita tunjukkan, saatnya tidak hanya dengan berteriak, tapi dengan doa yang terus kita munajatkan kepada Allah agar kezaliman segera sirna di muka bumi ini dan bangsa Palestina mendapatkan tempat yang layak sebagai bangsa yang merdeka dan negara yang berdaulat,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenag Ingatkan Kembali Pesan Bung Karno Soal Perjuangan Palestina

Selain mendorong doa dan donasi, Haedar mengingatkan warga Persyarikatan untuk tidak larut dalam dunia semu pertarungan narasi soal Palestina di media sosial hingga melalaikan kegiatan-kegiatan produktif yang nyata untuk keumatan, bangsa dan kemanusiaan.

“Yang terakhir pada pemerintah kami berharap tetap konsisten untuk mendukung Palestina dan mendorong PBB, OKI dan seluruh kekuatan internasioan untuk mengambil langkah-langkah tegas terhadap Israel karena proses pembiaran akan selalu melahirkan agresi yang berkepanjangan di bumi Palestina,” lanjut Haedar.

“Dan selama tidak ada tindakan dari PBB, maka jazirah Arabia, Timur Tengah tidak akan pernah sepi dari bara, konflik dan peperangan karena ada elemen yang selalu membawa nafsu angkara agresi untuk kekuasaan dan peradaban dirinya,” tegas Haedar

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini