Masya Allah, Pesepeda Ini Gelar Ekspedisi 1.000 Km demi Bantu Palestina

Hantoro, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 614 2415172 masya-allah-pesepeda-ini-gelar-ekspedisi-1-000-km-demi-bantu-palestina-SkcAi4DAEz.jpg Pesepeda Muhammad Maahir Abdulloh galang kepedulian untuk Palestina. (Foto: Instagram @penjelajah.nusantara)

KOMUNITAS Sepeda Penjelajah Nusantara menggelar ekspedisi 1.000 kilometer (km) untuk membantu masyarakat Palestina. Kelompok yang diwakili pesepeda Muhammad Maahir Abdulloh ini tergerak menggalang dana untuk para korban gempuran bom tentara zionis Israel di Palestina.

Ekspedisi peduli Palestina ini diinisiasi oleh Muhammad Maahir Abdulloh. Ia akan ditemani rekannya dari Komunitas Federal Ciracas. Mereka akan mengayuh sepedanya dari Jakarta menuju Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: 5 Gaya Kece Fadil Jaidi, Selebgram yang Galang Dana untuk Palestina hingga Rp7 Miliar 

Perjalanan dimulai pada Senin 17 Mei 2021 dari Jakarta Timur. Ia memulai misinya bersepeda dan menggalang donasi sejauh 1.000 kilometer dari Jakarta sampai Banyuwangi yang diperkirakan membutuhkan waktu 10 hari.

Pesepeda Muhammad Maahir Abulloh galang bantuan untuk Palestina. (Foto: Instagram @penjelajah.nusantara)

"Saat ini dalam misi 1.000 kilometer untuk Palestina yakni untuk menggalang dana atau menggalang donasi dari masyarakat, dari para pesepeda, dari para pendaki gunung, untuk solidaritas dan atas nama kemanusiaan untuk Palestina," ungkap Maahir, seperti dikutip dari laman ACT, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Raja Media Asal Palestina Ini Total Membantu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia 

Bagi Maahir, kemerdekaan itu adalah hak setiap bangsa, seperti yang diamanahkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Saya merasa apa pun agamanya, apa pun sukunya, apa pun rasnya itu wajib kita berikan pembebasan. Sebab di zaman lebih modern seperti ini, masih ada kolonial-kolonial baru yang menjajah suatu kaum, suatu negara, suatu bangsa. Bagi saya, itu tidak berperikemanusiaan," jelas Maahir terkait tujuan ekspedisinya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut dia, tidak hanya kaum Muslimin yang bisa membela Palestina. Cukup dengan memiliki empati dan merasakan apa yang orang lain rasakan. Itu yang Maahir pelajari dari perjalanannya selama ini.

"Cukup menjadi manusia dan bisa memanusiakan manusia lainnya. Karena rasa kemanusiaan itu akan terbentuk ketika kita pernah pergi jauh sendiri, dan agak sedikit lama. Karena kita akan tahu rasanya jauh dari saudara. Kita akan butuh orang lain," ujarnya.

Baca juga: MUI Ajak Panjatkan Doa Qunut Nazilah untuk Palestina, Simak Tata Caranya 

Maahir mengajak para dermawan untuk ikut menyalurkan empatinya. Para dermawan dapat mendukung kepedulian Maahir melalui tautan di bio akun Instagram-nya @penjelajahan.nusantara atau berdonasi melalui ACT.

"Semuanya insya Allah, ini adalah murni untuk kemanusiaan, ini adalah murni untuk Palestina. Jadi tidak ada unsur-unsur lain dalam penggalangan donasi ini," tutur Maahir.

Maahir sudah memulai perjuangannya pada Senin lalu. Sepeda yang digunakan lengkap dilengkapi bendera Palestina yang berkibar di dekat sadel. Ia rela menempuh jarak yang jauh demi kemerdekaan saudara-saudara di Palestina yang tertindas.

Pesepeda Muhammad Maahir Abulloh galang bantuan untuk Palestina. (Foto: Instagram @penjelajah.nusantara)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya