Kisah Baju Rasulullah Bikin Kaya Orang Miskin, Menyembuhkan yang Buta, Memerdekakan Budak

MNC Portal, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 00:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 614 2415547 kisah-baju-rasulullah-bikin-kaya-orang-miskin-menyembuhkan-yang-buta-memerdekakan-budak-zvDqwE01Bu.jpg Ilustrasi kaligrafi nama Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Shutterstock)

RASULULLAH Shallallahu alaihi wassallam selalu memberikan keberkahan bagi orang-orang di sekitarnya. Baik melalui ajarannya yang mencerahkan hingga hal-hal lainnya yang tidak terduga. Hal itu seperti pada kisah baju Rasulullah ini.

Diriwayatkan bahwa suatu hari ada seorang pengemis mengetuk pintu rumah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Pengemis itu berkata, "Saya pengemis ingin meminta sedekah dari Rasulullah."

Baca juga: Gerhana Bulan Total, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Kaum Muslimin 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Wahai Aisyah, berikan baju itu kepada pengemis itu." Aisyah pun melaksanakan perintah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dengan hati yang sangat gembira, pengemis itu menerima pemberian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Ilustrasi Tanah Arab. (Foto: Freepik)

Ia langsung pergi ke pasar serta berseru di keramaian orang di sana. "Siapa yang mau membeli baju Rasulullah?"

Maka dengan cepat berkumpullah orang-orang dan semua ingin membelinya.

Kemudian ada seorang kaya namun buta yang mendengar seruan tersebut. Dia lalu menyuruh budaknya agar membelinya dengan harga berapa pun yang diminta. Orang kaya itu berkata kepada budaknya, "Jika kamu berhasil mendapatkannya, maka kamu merdeka."

Baca juga: Doa Memakai Pakaian, Bersyukur Atas Nikmat Allah 

Akhirnya budak itu pun berhasil mendapatkannya. Kemudian diserahkanlah baju itu kepada tuannya yang buta tadi.

Alangkah gembiranya si buta kaya tersebut. Dengan memegang baju Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tersebut, orang buta kaya tersebut kemudian berdoa dan berkata, "Yaa Rabb dengan hak Rasulullah dan berkat baju yang suci ini, kembalikanlah pandanganku."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Masya Allah, dengan izin Allah Subhanahu wa ta'ala, spontan orang tersebut dapat melihat lagi.

Keesokan harinya, ia pergi menghadap Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dengan penuh gembira. Ia berkata, "Wahai Rasulullah, pandanganku sudah kembali dan aku kembalikan baju Anda sebagai hadiah dariku."

Baca juga: Pemuda Ini Sholat Sendirian di Antara Ramainya Pengunjung Kafe, Netizen: Suami Idaman 

Sebelumnya orang itu menceritakan kejadiannya sehingga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun tertawa sampai tampak gigi gerahamnya. Padahal biasanya Rasulullah jarang sekali tertawa.

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda kepada Aisyah, "Perhatikanlah baju itu wahai Aisyah, dengan izin dan berkah-Nya, ia telah mengayakan orang yang miskin, menyembuhkan yang buta, memerdekakan budak, dan kembali lagi kepada kita."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya