Masjid di Arab Saudi Diizinkan Gunakan Pengeras Suara Eksternal Saat Sholat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha

Ahmad Islamy Jamil, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 614 2417917 masjid-di-arab-saudi-diizinkan-gunakan-pengeras-suara-eksternal-saat-sholat-jumat-idul-fitri-dan-idul-adha-aOdMGkdWv9.jpg Pengeras suara masjid. (Foto: Reuters)

RIYADH -  Masjid-masjid di Arab Saudi diizinkan menggunakan alat pengeras suara eksternal saat penyelenggaraan ibadah Sholat Jumat, Sholat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha. Keputusan itu disampaikan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan negara .

Saudi Gazette melaporkan, kementerian itu menegaskan bahwa arahan baru tersebut dikeluarkan setelah terbitnya surat edaran sebelumnya yang membatasi penggunaan pengeras suara di masjid-masjid hanya untuk azan dan ikamah.

 Arahan baru itu memungkinkan penggunaan pengeras suara eksternal yang dipasang di dinding masjid dan diarahkan ke jamaah di luar masjid, sehingga mereka dapat mendengarkan khotbah dan sebagian bacaan sholat pada setiap Jumat dan ibadah di dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha).

Baca Juga: Pantun Ustaz Abdul Somad Soal Pisang Raja di Dalam Peti, Netizen: Sehat Selalu Ustadz

Tujuannya adalah agar suara imam dapat didengar dengan jelas saat menyampaikan wasiat dan memimpin sholat berjamaah, terutama bagi mereka yang sholat di luar masjid. Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi menjelaskan, para pengurus masjid dapat mulai melaksanakan arahan tersebut segera setelah diterbitkannya keputusan itu.

Baca Juga: Pengeras Suara Masjid di Arab Saudi hanya untuk Azan dan Iqamah

Institusi itu menyatakan, mereka sedang memantau pelaksanaan regulasi itu melalui pengawas dan platform resmi di media sosial. Pemantauan itu juga mencakup tentang perawatan masjid serta penyediaan semua kebutuhan agar jamaah dapat melaksanakan sholat dengan khusyuk, tenang, dan nyaman.

Kementerian tersebut menekanan bahwa instruksi dalam surat edaran yang dikeluarkan sebelumnya untuk semua masjid di semua wilayah Kerajaan Arab Saudi masih berlaku. Insitruksi itu mewajibkan semua pengurus masjid untuk membatasi penggunaan pengeras suara eksternal hanya untuk azan dan ikamah—yang kini dikecualikan pada saat Sholat Jumat dan Sholat Id. Instruksi tersebut dibuat berdasarkan dalil dari ayat-ayat Alquran, Hadis Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wasallam, dan fatwa yang dikeluarkan oleh para ulama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya