Ini Akibatnya Memperlakukan Anak dengan Cara Buruk

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 330 2424681 ini-akibatnya-memperlakukan-anak-dengan-cara-buruk-OZAsjz9mGI.jpg Ustaz dr Zaidul Akbar. (Foto:Youtube)

JAKARTA - Jangan memperlakukan anak dengan cara buruk atau keras karena dampaknya sungguh sangat luar biasa. Nah,  Ustaz Dr Zaidul Akbar pun membagikan sebuah pengalaman yang dialami oleh gurunya. Sang guru bercerita memiliki pasien yang memiliki penyakit bukan fisik.

Awalnya, si pasien tersebut diberikan obat secara herbal untuk membantu penyembuhan namun belum sembuh juga. Setelah diperiksa lebih lanjut, didapati sang anak mendapati masalah pada tubuhnya bukan karena penyakit fisik. Tetapi karena adanya emosi.

Berikut ini postingan dr Zaidul Akbar selengkapnya, seperti dikutip dari akun Instagram miliknya zaidulakbar, belum lama ini.

Baca Juga: Kisah Panglima George Todzira Menjadi Mualaf Saat Memimpin Perang Yarmuk

Dalam sebuah pelatihan, guru saya menjelaskan pengalaman yang luar biasa penting. Salah satu pasien yang berobat ke beliau, setelah selesai diperiksa, akhirnya disarankan lah mengkonsumsi beberapa resep (herbal tentunya) oleh beliau.

Selang berapa lama tak tampak perbaikan yang cukup signifikan dan akhirnya beliau memeriksa lagi sang pasien tersebut dan ternyata di dapatkanlah kesimpulan bahwa tubuhnya bermasalah bukan karena penyakit (fisik) tersebut tapi karena ada emosi dalam dirinya yang terpendam, dan menyedihkannya emosi tersebut ada sudah sejak lama dan itu berawal dari perlakuan orang tuanya (ayahnya) yang dulu memperlakukannya tidak baik hingga alhirnya anak tersebut memendam kemarahan, kebencian, dendam atas sikap tersebut.

Baca Juga: Bahaya Ghibah Termasuk di Medsos Bikin Bangkrut di Akhirat

Guru saya tersebut menjelaskan bahwa pengobatan untuknya sudah selesai dan sekarang tinggal ia mengobati dirinya sendiri, dan akhirnya ia disarankan pergi ke makam ayahnya tersebut untuk meminta maaf kepadanya disana ( dengan berbicara sendiri tentunya ke makam ayahnya tsb utk melepaskan emosi tadi)

Dua pelajaran penting dari hal di atas, yang saya dapat dan saya terima dari guru saya tersebut

Jika anak dibenamkan dan dididik dengan iman maka anak apapun ceritanya akan ter “cover” dengan iman tadi, semua emosi yang di dapat anak akan tenggelam dalam lautan iman dan ketakwaan sehingga seseroag akan jadi pribadi pemaaf dan hatinya penuh kasih sayang dengn iman tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pelajaran kedua, jangan memperlakukan anak denga buruk, karena orangtua akan “mencicil” dan membayar kelakuannya tersebut saat sang orangtua sudah tua dan jika org tua tersebut sudah meninggal maka sepanjang hidup anak tersebut akan memendam perasaan tidak menyenangkan tadi.

Jd berlakulah baik kepada keluarga, kepada anak khususnya dan tanamkan iman, ajarkan agama ini kepada mereka karena toh pada akhirnya standar sukses anak, suami, istri, cuma satu.. soleh atau solehah. Itu sebabnya maka berusalah jadi orangtua yang soleh dan faham agama lalu didiklah anak dengan agama

Jangan sampai anak begitu melesat dalam urusan dunia tapi urusan akhiratnya cara makan sesuai adab Islam yang diajarkan Rasulullah pun tidak tahu karena ayah ibunya tak mengajarkan.Semoga Allah jadikan kita orangtua dan anak yang soleh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya