Surat Al-Quraisy Berisi Peringatan Bagi Kaum Terpilih Mendapat Kehormatan Menjaga Kakbah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 618 2426229 surat-al-quraisy-berisi-peringatan-bagi-kaum-terpilih-mendapat-kehormatan-menjaga-kakbah-mMo0v10OoQ.jpg Surat Al-Quraisy. (Foto: Freepik)

SURAT Al-Quraisy memang cukup singkat hanya 4 ayat saja. Meski begitu Surat Al-Quraisy merupakan  surat ke-106 dalam Al-Quran dan dan diturunkan di Makkah berisi peringatan terhadap orang-orang Quraisy.

Nama Al-Quraisy diambil dari lafadz Quraisy yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya adalah Suku Quraisy.

Surat Makkiyah ini berisi peringatan kepada orang-orang Quraisy tentang nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka. Quraisy merupakan suku terpilih yang mendapat kehormatan menjaga Kakbah.

Baca Juga: Perempuan Bercadar di Kalimantan Barat Menikah Disaksikan Ayah Kandungnya Seorang Pendeta

Sementara keutamaan Surat Quraisy, Imam Al-Baihaqi meriwayatkan tentang masalah khilafiyah dari Ummu Hani' binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda:

Baca Juga: Frank Ribery, Pesepak Bola Muslim Sangat Anti-Alkohol

"Allah mengutamakan suku Quraisy dengan tujuh karakter, di antaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surah dalam Al-Qur'an untuk mereka". Kemudian Rasulullah membaca surat ini.

Kagumlah kalian pada kebiasaan suku Quraisy, yaitu suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An-Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi Kata "Iilaf" merupakan mashdar dari kata Alifa yaitu persembahan keramah-tamahan. Imam Hakim dan lainnya mengatakan bahwa hadis dari Ummu Hani' sebelumnya adalah untuk menjelaskan sebab turunnya surah. Wallahu A'lam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya