Robot Akan Layani Jamaah Haji Bagikan Air Zamzam

Sindonews, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 614 2427371 robot-akan-layani-jamaah-haji-bagikan-air-zamzam-1VNBNdxCaw.jpg Robot akan melayani jamaah haji mendapatkan air zamzam. (Foto:SINDOnews/Ist)

MAKKAH - Otoritas Arab Saudi memanfaatkan robot untuk membagikan air Zamzam kepada jamaah ibadah haji 2021 ini. Pemerintah setempat memberi kuota sebanyak 60.000 ribu jamaah haji yang berasal dari dalam negeri.

Penggunaan robot dimaksudkan untuk mengurangi kontak antar manusia, sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Bader Al-Loqmani, yang mengelola sumber mata air zamzam, menuturkan, bahwa robot, berwarna hitam dan putin itu, memiliki tiga rak botol air. Robot itu akan berkeliling Masjidil Haram sembari membawa botol-botol berisi air zamzam.

Baca Juga: Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rempah PH7 Gratis untuk Penderita Covid-19

“Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (18/6/2021).

“Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji,” sambungnya. Dia mencatat bahwa lebih banyak robot yang akan diterjunkan, jika memang diperlukan.

Baca Juga: Perhimpunan 5 Profesi Dokter Sebut Varian Baru Covid-19 Bisa Tingkatkan Kematian

 Selama berabad-abad, para jamaah haji berbondong-bondong untuk meminum air Zamzam dari mata airnya secara langsung, yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam. Ratusan ribu botol air Zamzam biasanya dibagikan setiap tahun.

Saudi sendiri diketahui hanya mengizinkan 60 ribu orang untuk berhaji tahun ini. Mereka yang diizinkan untuk berhaji adalah warga negara atau pemegang status kependudukan yang tinggal di dalam haji.

Mereka yang diperbolehkan untuk mendaftar adalah perempuan dan laki-laki berusia 18-65 tahun, sudah melakukan vaksinasi atau telah pulih dari Covid-19. (Victor Maulana)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya