Muhammadiyah Ingatkan Libur Hari Raya Idul Adha Harus Tetap Ada

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 614 2427489 muhammadiyah-ingatkan-libur-hari-raya-idul-adha-harus-tetap-ada-SyfiY0FseU.jpg Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto:Okezone/Dok)

JAKARTA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengharapkan libur Idul Adha  tetap ada dan jangan ditiadakan. Dia menilai bila libur Hari Raya Idul Adha ditiadakan akan menimbulkan masalah.

"Akan bermasalah jika ditiadakan karena terkait dengan pelaksanaan Shalat Idul Adha. Umat Islam dapat tetap melaksanakan shalat Idul Adha dengan protokol yang ketat. Jika tidak memungkinkan melaksanakan di lapangan, masjid, atau mushalla bisa melaksanakan di rumah," ujarnya dalam penjelasannya di akun Instagram resmi [email protected] abe_mukti dikutip pada Jumat (18/6/2021).

Baca Juga:  Ustaz Adi Hidayat Temui Komandan Jenderal Kopassus di Cijantung, Ada Apa?

Dia melanjutkan tidak ada masalah libur Tahun Baru Islam l1443 Hijriah yang jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021 diubah menjadi Rabu 11 Agustus 2021. Kedua, libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021 diubah menjadi Rabu 20 Oktober 2021 karena tidak terkait dengan pelaksanaan ibadah.

Baca Juga: Surat Yunus Bergema Saat Wisuda Maudy Ayunda Lulus S-2 Stanford University

"Dengan penggeseran hari libur diharapkan dapat mengurangi kecenderungan masyarakat memanfaatkan libur panjang untuk aktivitas rekreasi atau perjalanan ke luar kota yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan penularan Covid-19 yang semakin meluas," ujarnya.

Sebelumnya  Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan alasan pemerintah menggeser dua hari libur keagamaan dan meniadakan satu hari cuti bersama 2021 .

Kata Muhadjir, perubahan libur nasional dan cuti bersama 2021 itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan berkenaan dengan masih merebaknya pandemi COVID-19.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya