Tren Jihad di Sosmed, Ini Kata Ustadz Asroni Al Paroya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 614 2430382 tren-jihad-di-sosmed-ini-kata-ustadz-asroni-al-paroya-ufadeqanvK.jpg Tren jihad di sosmed

TREND jihad di sosmed belakangan ini marak di kalangan muda.  Mereka sering mengunggah kata-kata motivasi berbau Islami, hingga video-video kajian yang isinya mengingatkan akan kehidupan di dunia dan akhirat.

Menananggapi fenomena ini, Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, memang sudah semestinya anak-anak muda di zama sekarang lebih adaptif.

"Memang harus adaptif terhadap perkembangan zaman, apalagi ini adalah zamannya kita kalau boleh dikatakan seperti itu," katanya saat dihubungi MNC Portal, Kamis (24/6/21).

Baca Juga: Mumpung Lagi Sukses Jangan Lupa Bersedekah dan Berbagi Kepada Sesama

Lebih lanjut, satu hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk jihaddi sosmed yaitu, cerdas dan berhati-hati dalam memilih serta memilah info-info yang beredar, bisa informasi yang terkait tentang isu-isu nasional ataupun informasi terkait tentang pemahaman agama.

Hal ini dikarenakan, apabila salah dalam memilih informasi, bisa-bisa akan membuat kefatalan dalam kehidupan beragama, berbangsa dan benegara.

Dia  melanjutkan, jihad sosmed yang dimaksud adalah jihad menangkal hoax yang beredar di masyarakat. Jihad sesmod juga bisa diartikan sebagai jihad melawan konten-konten negatif yang bisa merusak akal pikiran, khususnya anak-anak muda.

Baca Juga: Vertigo, Yuk Coba Resep Herbal Ustaz Zaidul Akbar

"Contohnya banyak (merusak). Bisa konten-konten pornografi dan lain sebagainya, dan cara melakukan jihad di sosmed adalah memperbanyak konten-konten yang positif, konten yang mencerahkan, konten yang mendidik," terangnya.

"Maka mari kita jihad disosmed dengan membanjiri informasi-informasi yang positif, mendidik, dan mencerahkan," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya